Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penerapan strategi pembelajaran index card match khususnya pada materi pokok binatang yang halal dan haram pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII B SMPN 1 Winong, (2) Dapat tidaknya strategi pembelajaran index card match meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMPN 1 Winong Pati pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya pada materi pokok binatang yang halal dan haram. Berdasarkan observasi awal, proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Winong masih belum optimal, khususnya dalam materi pokok binatang yang halal dan haram, banyak siswa yang hasil belajarnya rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran Pendidikan Agama Islam lebih banyak menggunakan metode ceramah sehingga siswa cepat bosan dan pemahaman siswa terhadap materi pokok binatang yang halal dan haram kurang maksimal, akibatnya hasil belajar siswa rendah. Sehingga strategi pembelajaran index card match merupakan salah satu strategi pembelajaran yang memberikan efek rekreatif dalam pembelajaran sehingga siswa tidak bosan dan menjadi aktif, dan hasil belajar dapat meningkat. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 tahap, yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus II. Adapun tiap siklus terdiri dari empat prosedur, yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Dengan subyek penelitian kelas VIII B SMPN 1Winong sebanyak 32 siswa. Pada tahap pra siklus, nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 69,12 dengan ketuntasan belajar klasikal 60,53%. Setelah dilaksanakan strategi pembelajaran index card match, pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 82,32 dengan ketuntasan belajar klasikal 74,19%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 93,68 dengan ketuntasan belajar klasikal 93,55%. Hal ini membuktikan bahwa melalui strategi pembelajaran index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B di SMPN 1 Winong pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi pokok binatang yang halal dan haram. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar dan semoga bisa memberikan sedikit kontribusi bagi dunia pendidikan.