Daftar Isi:
  • Tujuan yang menjadi kajian peneliti, yaitu 1) Untuk mengetahui Pelaksanaan penerapan model pembelajaran cooperatif learning tipe everyone is a teacher here pada pembelajaran PAI di kelas VIII A SMP Negeri 2 Godong Grobogan. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran PAI kelas VIII A SMP Negeri 2 Godong Grobogan dengan menggunakan model pembelajaran cooperatif learning tipe everyone is a teacher here. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan per siklus Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan penerapan model pembelajaran cooperatif learning tipe every one is a teacher here pada pembelajaran PAI di kelas VIII A SMP Negeri 2 Godong Grobogan dilakukan dengan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penerapan cooperatif learning tipe every one is a teacher here pada pembelajaran PAI terlihat dari pelaksana tindakan dimana peneliti membagikan kertas kosong untuk di isi pertanyaan oleh peserta didik dan kemudian di jawab oleh peserta didik yang lain baik secara individual maupun secara kelompok. Disinilah telah terjadi proses peserta didik menjadi guru bagi peserta didik yang lain . 2) Peningkatan hasil belajar dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran PAI kelas VIII A SMP Negeri 2 Godong Grobogan dengan menggunakan model pembelajaran cooperatif learning tipe every one is a teacher here dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik tiap siklus dimana pada pra siklus 8,3 % menjadi 33,3 % pada siklus I meningkat lagi pada siklus II yaitu 79,2 % dan di akhir siklus III menjadi 91,6%. Begitu tingkat keaktifan peserta didik juga mengalami peningkatan setiap siklus dimana pada siklus I tingkat keaktifan 8,3 % menjadi 83,4 % dan di akhir siklus III sudah mencapai 91,6%. Ini menunjukkan hasil belajar dan keaktifan belajar peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 2 Godong Grobogan pada pembelajaran PAI sudah melebihi indikator keberhasilan yang diinginkan dan hipotesis tindakan terwujud. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan