Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang manajemen kurikulum dalam membentuk karakter santri di Pondok Pesantren Al-Huda Wal-Hidayah Bulungan Jepara Kajian ini dilatar belakangi oleh tingkat eksistensi lembaga dikalangan publik yang mengharuskan lembaga untuk tetap eksisis dalam memberikan pendidikan pada santri dengan manajemen yang baik. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana perencanaan kurikulum dalam membentuk karakter santri di pondok pesantren Al-Huda Wal-Hidayah Bulungan Jepara? (2) Bagaimana pelaksanaan kurikulum dalam membentuk karakter santri di pondok pesantren Al-Huda Wal-Hidayah Bulungan Jepara?(3) Bagaimana evaluasi kurikulum dalam membentuk karakter santri di pondok pesantren Al-Huda Wal-Hidayah Bulungan Jepara? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Huda Wal-Hidayah Bulungan Jepara yang mana lembaga ini dijadikan sebagai sumber informasi data untuk mendapatkan potret, gambaran, jawaban dan hasil dari pelaksanaan manajemen kurikulum dalam meningkatkan karakter santri. Dalam hal ini data diperoleh dengan cara wawancara bebas dan terpimpin, observasi, dokumentasi. Semua data nanti akan dianalisis deskriptif kualitatif yaitu dengan menuangkan hasil data ke dalam kalimat-kalimat yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat menjadi kalimat yang tersusun dengan rapi dan bukan berbentuk angka. Kajian ini menunjukkan bahwa:(1) Perencanaan kurikulum di Pondok Pesantren Al-Huda Wal- Hidayah Bulungan Jepara dengan dua tahap: penyusunan draf dan pembahasan. Penyusunan draf perencanaan dilakukan dalam diskusi kelompok, sedangkan pembahasan draf dilakukan dalam workshop. Dari segi prosesnya, dua nilai yang menjadi sasaran pondok kurikulum ini yaitu nilai ukhuwah dan nilai akhlak (pengembangan kepribadian/karakter) serta ditemukan dalam perencanaan kurikulum, terutama dalam diskusi kelompok dan workshop. Poin terpenting dalam pendidikan karakter santri adalah mengajarkan para santri untuk berperilaku sesuai dengan fitrahnya sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah. (2) Implementasi kurikulum Al-Huda Wal- Hidayah telah memuat nilai-nilai ukhuwah dan nilai-nilai yang mencerminkan pendidikan akhlaq santri. Nilai-nilai tersebut antara lain, terdapat dalam kajian kitab ajar yang digunakan di Al-Huda Wal- Hidayah, yaitu: nilai demokrasi, nilai solidaritas dan kebersamaan, nilai kasih sayang dan memaafkan, serta nilai perdamaian dan toleransi. Pada pelaksanaan pendidikan karakter menggunakan metode pengajaran, keteladanan, dan refleksi yang ada dalam Al-Qur’an Hadist serta kajian kitab kuning. (3) Evaluasi kurikulum di ponpes Al-Huda Wal- Hidayah dilakukan pada setiap akhir semester, dengan menekankan pada aspek implementasi kurikulum. Evaluasi dilakukan terhadap implementasi kurikulum pondok. Evaluasi terhadap implementasi kurikulum difokuskan pada kemampuan santri membaca kitab, sarana pembelajaran, hubungan antar santri, kedisiplinan santri, dan kebiasaan santri pada saat liburan di rumah.