Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang pelaksanaan pemberian tugas, prestasi belajar Aqidah Akhlak dan sejauhmana pengaruh pemberian tugas terhadap prestasi belajar siswa kelas VII MTs Assalafiyah Luwungragi Bulakamba Brebes. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode survai dengan teknik pengumpulan data melalui angket, tes dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Assalafiyah Luwungragi Bulakamba Brebes. Yang sekaligus dijadikan sampel dengan jumlah 40 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X dan variabel Y. Variabel X merupakan pemberian tugas dan variabel Y merupakan prestasi belajar Aqidah Akhlak. Data yang diperoleh adalah hasil angket dan tes, kemudian dianalisis dengan persamaan regresi (uji varians garis regresi), uji korelasi dan hipotesis. Hasil analisis data, menunjukan bahwa pelaksanaan pemberian tugas dalam pembelajaran Aqidah Akhlak termasuk kategori cukup baik dengan skor rata-rata angket sebesar 51,325. Prestasi belajar Aqidah Akhlak termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 7,1825. Dan pengaruh pemberian tugas terhadap prestasi belajar siswa kelas VII MTs Assalafiyah Luwungragi Bulakamba Brebes Dalam uji Freg diketahui bahwa nilainya sebesar 31,357 kemudian hasil yang diperoleh dikonsultasikan dengan Ftabel (Ft), baik pada taraf kepercayaan 95% maupun 99%. Dengan demikian, Freg 31,357 Ft (0,05= 4,10) dan Freg 31,357 Ft (0,01= 7,35). Karena hasil Freg lebih besar dari Ft, berarti hasilnya ada pengaruh antara pemberian tugas dengan prestasi belajar siswa. Berdasarkan kriteria uji, Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh pada pemberian tugas terhadap prestasi belajar siswa kelas VII MTs Assalafiyah Luwungragi Bulakamba Brebes.