Implementasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam bimbingan dan konseling di SMA 8 Semarang tahun ajaran 2009/2010
Daftar Isi:
- Nur Rofiq (NIM. 053111028). Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 8 Semarang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 8 Semarang, bagaimana pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 8 Semarang, dan bagaimana implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 8 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif (Qualitative Research) dengan metode penelitian deskriptif, kemudian menggunakan triangulasi data untuk validasi. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, catatan lapangan, foto, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Pembahasan skripsi ini peneliti menggunakan pola fikir yang berangkat dari fakta-fakta yang sifatnya khusus kemudian digeneralisasikan kepada hal-hal yang bersifat umum. Hasil analisis tersebut berupa pemaparan mengenai nilai-nilai kepribadian meliputi: 1) Matin al-Khuluq yang meliputi kejujuran, amanah, kasih sayang, dan kedisiplinan. 2) Qodirun Ala al-Kasbi dalam Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 8 Semarang dalam bentuk uraian naratif. Hasil penelitian ini adalah nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 8 Semarang yaitu nilai-nilai pendidikan kepribadian yang meliputi: Matin al-Khuluq (Akhlak yang Kokoh) dan Qodirun Ala Al-Kasbi (Kemampuan Untuk Berusaha Sendiri/Mandiri). Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 8 Semarang yang dilakukan di ruang Bimbingan dan Konseling. Implementasi dari nilai Matin al-Khuluq (Akhlak yang Kokoh) ditekankan pada kejujuran, amanah, kasih sayang, dan kedisiplinan. Sedangkan implementasi dari Qodirun Ala Al-Kasbi (Kemampuan Untuk Berusaha Sendiri/Mandiri) penekananya pada kegiatan koperasi sekolah yang kemudian dikembangkan oleh peserta didik dengan berjualan pulsa dan berjualan di kelas. Selanjutnya, semoga penelitian ini diharapkan menjadi khazanah dan masukan bagi pengelola SMA Negeri 8 Semarang, bahan informasi sivitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang