Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menemukan format skenario pembelajaran matematika dengan model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education); (2) meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA MA Manabaul Ulum Karangawen Demak dalam mata pelajaran matematika khususnya materi pokok turunan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini sangat sesuai dengan adanya perubahan kurikulum saat ini, yaitu KTSP yang dilandasi oleh kompetensi dan pembelajaran kontekstual. Sebab pembelajaran dengan menggunakan model RME sangat erat dengan kehidupan keseharian peserta didik yang bertujuan melatih keaktifan peserta didik serta mampu meningkatkan hasil belajar dan mencapai kompetensi materi pokok turunan. Pelaksanaan penelitian dibagi dalam dua siklus, yang tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil pengamatan dan refleksi akan dijadikan bahan rujukan untuk pelaksanaan siklus berikutnya. Sehingga proses dan hasil pelaksanaan siklus berikutnya diharapkan akan lebih baik dari siklus sebelumnya. Dari tiap siklus akan diukur keaktifan, dan ketuntasan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model RME dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MA Manbaul Ulum Karangawen Demak. Hal ini dibuktikan dengan selalu meningkatnya indikator keberhasilan dalam pembelajaran matematika melalui model RME. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa interaksi peserta didik dengan guru mencapai 66,05% dan interaksi peserta didik dengan peserta didik 70,49%. Maka secara keseluruhan interaksi peserta didik pada siklus I mencapai 68,27% (rerata interaksi peserta didik dengan guru dan interaksi antar peserta didik). Rata-rata nilai tes evaluasi mencapai 74,76 dengan ketuntasan belajar 64,79%. Pada pelaksanaan pembelajaran siklus II diperoleh bahwa Interaksi peserta didik mencapai 79,38% dan telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan di mana interaksi peserta didik dengan guru 80% dan interaksi peserta didik dengan peserta didik 78,76%. Rata-rata nilai tes evaluasi mencapai 80,18 dengan ketuntasan belajar 81,58%. Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, para tenaga pengajar khususnya bidang matematika serta mampu memberikan semangat dan sikap positif terhadap pembelajaran matematika agar senantiasa berprestasi dengan baik