ctrlnum 3189
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3189/</relation><title>Nilai-nilai pendidikan Islam dalam konsep ESQ Ary Ginanjar Agustian dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam</title><creator>Sa&#x2019;dullah, Sa&#x2019;dullah</creator><subject>297.77 Islamic religious education</subject><description>Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian skripsi ini adalah pertama, ingin mengetahui nilai-nilai Pendidikan Islam dalam konsep ESQ Ary Ginanjar Agustian. Kedua, untuk mengetahui relevansi konsep ESQ Ary Ginanjar Agustian dengan Tujuan Pendidikan Islam.&#xD; Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan memakai metode deskriptif, yaitu penelitian yang bermaksud membuat pencandraan (deskripsi) mengenai situasi-situasi atau kejadian-kejadian, dalam arti akumulasi data dasar dengan cara deskriptif semata.&#xD; Penelitian ini menggunakan Metode Riset Perpustakaan (library research). Dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan deduktif dan pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Pendidikan Islam dalam konsep ESQ mempunyai relevansi dengan tujuan Pendidikan Islam dan tujuan dari pembelajaran PAI, khususnya mata pelajaran aqidah akhlak dan fiqih. Ternyata nilai-nilai Pendidikan Islam dalam konsep ESQ telah diinternalisasikan ke dalam tujuan pembelajaran PAI yang termaktub dalam Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah. &#xD; Sedangkan Relevansi konsep ESQ dengan tujuan Pendidikan Islam adalah bahwa konsep pengembangan kecerdasan emosional dan spiritual yang digagas Ary Ginanjar Agustian dengan Pendidikan Islam mempunyai tujuan yang sama, yaitu untuk membentuk Insan Kamil (manusia sempurna) atau manusia yang baik di mata manusia dan baik di hadapan sang Khalik (secara vertikal dan horizontal) atau istilah dalam pendidikan Nasional adalah manusia seutuhnya. &#xD; Selain itu, Konsep ESQ Ary Ginanjar Agustian memadukan integrasi IQ, EQ dan SQ melalui prinsip tauhid. Dengan kesadaran tauhid, maka emosi akan terkendali, sehingga akan timbul rasa tenang dan damai. Dengan ketenangan emosi yang terkendali tersebut, maka God spot atau pintu hati terbuka dan bekerja, sehingga bisikan-bisikan Ilahiah yang mengajak kepada sifat-sifat keadilan, kasih sayang, kejujuran, tanggung jawab, kepedulian, kreativitas, komitmen, kebersamaan, perdamaian dan bisikan hati mulia lainnya akan terdengar sehingga potensi kecerdasan intelektual dan emosional bekerja dengan optimal. Hal ini sesuai dengan Tujuan terakhir Pendidikan Islam terletak pada perwujudan ketundukan yang sempurna kepada Allah, baik secara pribadi, komunitas, maupun seluruh umat manusia. &#xD; Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.</description><date>2010-07-05</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3189/1/3104334_Coverdll.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3189/2/3104334_Bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3189/3/3104334_Bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3189/4/3104334_Bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3189/5/3104334_Bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3189/6/3104334_Bab%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3189/7/3104334_Bibliografi.pdf</identifier><identifier> Sa&#x2019;dullah, Sa&#x2019;dullah (2010) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam konsep ESQ Ary Ginanjar Agustian dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo. </identifier><recordID>3189</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sa’dullah, Sa’dullah
title Nilai-nilai pendidikan Islam dalam konsep ESQ Ary Ginanjar Agustian dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam
publishDate 2010
topic 297.77 Islamic religious education
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3189/1/3104334_Coverdll.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3189/2/3104334_Bab%201.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3189/3/3104334_Bab%202.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3189/4/3104334_Bab%203.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3189/5/3104334_Bab%204.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3189/6/3104334_Bab%205.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3189/7/3104334_Bibliografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3189/
contents Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian skripsi ini adalah pertama, ingin mengetahui nilai-nilai Pendidikan Islam dalam konsep ESQ Ary Ginanjar Agustian. Kedua, untuk mengetahui relevansi konsep ESQ Ary Ginanjar Agustian dengan Tujuan Pendidikan Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan memakai metode deskriptif, yaitu penelitian yang bermaksud membuat pencandraan (deskripsi) mengenai situasi-situasi atau kejadian-kejadian, dalam arti akumulasi data dasar dengan cara deskriptif semata. Penelitian ini menggunakan Metode Riset Perpustakaan (library research). Dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan deduktif dan pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai Pendidikan Islam dalam konsep ESQ mempunyai relevansi dengan tujuan Pendidikan Islam dan tujuan dari pembelajaran PAI, khususnya mata pelajaran aqidah akhlak dan fiqih. Ternyata nilai-nilai Pendidikan Islam dalam konsep ESQ telah diinternalisasikan ke dalam tujuan pembelajaran PAI yang termaktub dalam Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah. Sedangkan Relevansi konsep ESQ dengan tujuan Pendidikan Islam adalah bahwa konsep pengembangan kecerdasan emosional dan spiritual yang digagas Ary Ginanjar Agustian dengan Pendidikan Islam mempunyai tujuan yang sama, yaitu untuk membentuk Insan Kamil (manusia sempurna) atau manusia yang baik di mata manusia dan baik di hadapan sang Khalik (secara vertikal dan horizontal) atau istilah dalam pendidikan Nasional adalah manusia seutuhnya. Selain itu, Konsep ESQ Ary Ginanjar Agustian memadukan integrasi IQ, EQ dan SQ melalui prinsip tauhid. Dengan kesadaran tauhid, maka emosi akan terkendali, sehingga akan timbul rasa tenang dan damai. Dengan ketenangan emosi yang terkendali tersebut, maka God spot atau pintu hati terbuka dan bekerja, sehingga bisikan-bisikan Ilahiah yang mengajak kepada sifat-sifat keadilan, kasih sayang, kejujuran, tanggung jawab, kepedulian, kreativitas, komitmen, kebersamaan, perdamaian dan bisikan hati mulia lainnya akan terdengar sehingga potensi kecerdasan intelektual dan emosional bekerja dengan optimal. Hal ini sesuai dengan Tujuan terakhir Pendidikan Islam terletak pada perwujudan ketundukan yang sempurna kepada Allah, baik secara pribadi, komunitas, maupun seluruh umat manusia. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.
id IOS2754.3189
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:48:32Z
last_indexed 2022-09-12T06:33:24Z
recordtype dc
_version_ 1765821484548227072
score 17.538404