Implementasi strategi pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan (PAIKEM) model index card match dan card sort pada mata pelajaran PAI kelas Vll di SMPN 36 Semarang
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) Model Index Card Match dan Card Sort pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMPN 36 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan kualitatif dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan : 1). Observasi yaitu untuk mengamati pelaksanaan strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) Model Index Card Match dan Card Sort pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMPN 36 Semarang. 2). Interview yaitu untuk mengetahui tentang berbagai informasi yang berhubungan dengan pelaksanaan strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) Model Index Card Match dan Card Sort pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMPN 36 Semarang. 3). Dokumentasi yaitu untuk mengumpulkan data yang berhubungan dengan penerapan strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) Model Index Card Match dan Card Sort pada mata pelajaran PAI kelas VII seperti rencana pembelajaran, jadwal pembelajaran, dokumen kegiatan dan lain-lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) Model Index Card Match dan Card Sort pada mata pelajaran PAI kelas VII dalam ke-lima komponen yang saling mempengaruhi yaitu tujuan pembelajaran, metode, media, guru, serta siswa. Komponen tersebut dirancang dan diarahkan agar dalam pelaksanaannya siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Untuk itulah strategi yang dikembangkan adalah strategi PAIKEM. Sedangkan implementasi strategi PAIKEM dalam pembelajaran PAI kelas VII di SMPN 36 Semarang terwujud dalam 2 bentuk metode pembelajaran yaitu Index Card Match (mencari jodoh kartu tanya jawab) dan Card Sort (menyortir kartu). Secara umum metode ini diterapkan melalui 4 tahapan, yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi, dan tahap tindak lanjut Pada praktiknya kegiatan pembelajaran PAI melalui strategi PAIKEM sudah hampir mendekati teori. Ini dibuktikan dengan persiapan guru dalam proses pembelajaran yang telah melalui tahapan-tahapan seperti yang tersebut diatas. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkannya.