Efektivitas penerapan metode Outdoor Learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA Kelas V semester II materi pokok Daur Air dan Peristiwa Alam di MI I’anatusshibyan Mangkangkulon Semarang Tahun Ajaran 2012/2013
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode outdoor learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V semester II materi daur air dan peristiwa alam di MI I’anatusshibyan Mangkangkulon Semarang. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, penelitian ini dilaksanakan di MI I’anatusshibyan Mangkangkulon Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah peserta didik 40, dengan kelas V A yang terdiri dari 20 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas V B yang terdiri dari 20 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan nilai awal (pretest). Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan metode outdoor learning dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional (ceramah dan tanya jawab). Setelah data hasil belajar dari perlakuan yang berbeda didapat, maka dilakukan prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikan = 5% diperoleh thitung = 2,854, sedangkan t tabel =1,68 Karena thitung > t tabel maka berarti rata-rata hasil belajar peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan metode outdoor learning lebih baik daripada peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan metode konvensional (ceramah dan tanya jawab). Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen (outdoor learning) = 88,8 dan kelas kontrol (ceramah dan tanya jawab) = 79,8. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan metode outdoor learning lebih baik daripada peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan metode konvensional (ceramah dan tanya jawab) pada mata pelajaran IPA materi daur air dan peristiwa alam kelas V MI I’anatusshibyan Mangkangkulon Semarang Tahun Ajaran 2012/2013.