Implementasi Total Quality Management (TQM) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kalibalik Kabupaten Batang
Main Author: | Wibowo, Arif |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/29/1/Arif_Wibowo_Tesis_bab1.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/29/2/Arif_Wibowo_Tesis_bab6.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/29/ |
Daftar Isi:
- Era globalisasi dan persaingan pasar bebas menuntut lembaga pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas tinggi dan memiliki kemampuan kompetitif. Namun, pendidikan di Indonesia belum mampu menghasilkan lulusan yang diharapkan tersebut. TQM sebgai konsep manajemen, menawarkan sebuah konsep peningkatan mutu secara terpadu di bidang manajemen dan masih cukup baru dalam dunia pendidikan. Hal ini guna mengoptimalkan lembaga pendidikan dalam meningkatkan mutu menuju kepuasan pelanggan pendidikan. Tesis ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis tentang (1) implementasi TQM di MIN Kalibalik, (2) faktor pendukung dan penghambat implementasi TQM di MIN Kalibalik, (3) dan pengaruh penerapan TQM terhadap peningkatan mutu di MIN Kalibalik. Penyusunan tesis ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Dalam penelitian ini, data primer yang dicari berupa implementasi Total Quality Management di MIN Kalibalik yang diperoleh dengan menggunakan metode penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis data kualitatif yang mengambil analisis deskriptif dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) MIN Kalibalik memiliki komitmen dan kemauan yang kuat dan terus berusaha dalam upaya meningkatkan mutu dan bekerja berdasarkan mutu. Hal tersebut terbukti dengan adanya karakteristik maupun unsur-unsur TQM yang sudah dijalankan di madrasah tersebut, di antaranya kepemimpinan kepala madrasah yang aspiratif, mengadakan kerjasama dengan pelanggan internal dan eksternal secara maksimal, mengadakan peningkatan mutu peserta didik secara terus-menerus dengan inovasi-inovasi yang baru. Selain itu, penerapan TQM terlihat dari adanya perubahan budaya organisasi dalam bentuk kerjasama yang efektif dan konstruktif di antara semua komponen organisasi madrasah. (2) Faktor-faktor pendukung implementasi TQM di MIN Kalibalik di antaranya (a) adanya manajemen yang baik, (b) kepemimpinan kepala madrasah yang yang aspiratif dan kreatif, dan (c) dukungan dari pelanggan internal dan eksternal yang cukup tinggi. Sedangkan faktor penghambat implementasi TQM di antaranya sumber dana yang kurang memadahi, terdapat komponen madrasah yang kurang siap dengan sistem manajemen perubahan, sehingga proses implementasi manajemen terganggu. (3) Penerapan TQM di MIN Kalibalik memiliki dampak yang baik terhadap prestasi peserta didik. Manajemen mutu yang diterapkan di MIN Kalibalik menjadikan tenaga pendidik dan kependidikan optimalkan dalam meningkatkan prestasi peserta didik. Beberapa saran yang berkaitan dengan penelitian ini, antara lain mengoptimalkan peran komite madrasah, peningkatan kualitas SDM, sosialisasi tentang pentingnya mutu, dan meningkatkan teamwork di lingkungan kerja.