Daftar Isi:
  • Promosi dimaksudkan untuk mengkomunikasikan kegunaan dan keistimewaan produk kepada pelanggan, sehingga mampu mengubah sikap yang berujung pada pembelian produk. KJKS Baitut Tamwil Tamzis Cabang Kertek di Wonosobo dari waktu ke waktu mengalami perkembangan yang luar biasa. Peningkatan anggota lending, selama tahun 2013 mengalami kenaikan lebih dari seribu anggota. Penulis tertarik melakukan penelitian dengan Judul “Analisis Strategi Promosi di KJKS Baitut Tamwil Tamzis Cabang Kertek di Wonosobo”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi promosi di KJKS Baitut Tamwil Tamzis Cabang Kertek di Wonosobo dan bagaimana bauran promosi di KJKS Baitut Tamwil Tamzis cabang Kertek di Wonosobo. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan mengambil lokasi Baitut Tamwil Tamzis Cabang Kertek di Wonosobo. Data-data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder, yang diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data-data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis Dari penelitian ini diperoleh hasil yang menjadi kesimpulan penelitian, yaitu: pertama, Strategi promosi yang dilakukan di KJKS Baitut Tamwil Tamzis Cabang Kertek di Wonosobo adalah strategi promosi dalam konsep periklanan (Advertising) yang di dalamnya melalui sponsor, brosur, spanduk, majalah dan sebagainya, konsep penjualan personal (Personal Selling) dengan cara jemput bola dan konsep hubungan masyarakat (Publicity). Kedua, bauran promosi yang dilakukan di KJKS Baitut Tamwil Tamzis Cabang Kertek di Wonosobo adalah ini dengan menawarkan semua produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan para nasabah maupun anggota baru. Di dalam strategi promosi ini, harga yang di tawarkan kepada nasabah bisa di nego, sesuai dengan saldo yang nasabah miliki.