Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa IAIN Walisongo Semarang Prodi Ekonomi Islam
Daftar Isi:
- Mahasiswa dituntut untuk mengembangkan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk membuka peluang kerja. Peran tersebut menjadi sangat penting artinya mengingat kampus sebagai pencetak Sumber Daya Manusia (SDM) dengan intelektual tinggi, idealisme, dan penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Termasuk di dalamnya adalah mahasiswa IAIN Walisongo Semarang jurusan Syariah Prodi Eonomi Islam. Sebagai rumusan masalah yaitu bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa IAIN Walisongo Semarang Prodi Ekonomi Islam? Bagaimana aktualisasinya pengembangan wirausaha di Indonesia? Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan), metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa apabila memperhatikan hasil penelitian yang dituangkan dalam bentuk wawancara dengan sejumlah Mahasiswa IAIN Walisongo Semarang, bahwa pada intinya banyak mahasiswa yang berminat berwirausaha. Mahasiswa menyadari sulit mencari pekerjaan apalagi jika ingin menjadi PNS, bukan kesempatan yang mudah. Mahasiswa menyadari juga bahwa di era modern ini persaingan kerja makin besar, jumlah orang yang ingin bekerja pun sangat banyak. Jika terlalu memilih bidang usaha dengan hanya mengandalkan ijasah sangat mustahil berhasil. Untuk menjadi PNS saja melalui prosedur dan persyaratan yang tidak mudah. Jangankan jadi PNS, untuk dapat diterima bekerja di suatu perusahaan pun sudah semakin sulit. Menyadari kondisi yang demikian, banyak mahasiswa IAIN Walisongo Semarang yang ingin berwirausaha. Dalam menanggulangi kemiskinan dan pengangguran sangat diperlukan tumbuhnya wirausahawan-wirausahawan baru yang kreatif dan inovatif. Di samping itu, dengan berkembangnya wirausaha juga akan bertambah banyaknya pelaku-pelaku bisnis baru dan hal ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional..