Analisis penerapan bauran promosi dalam upaya meningkatkan volume penjualan produk simpanan Suka Rela Lancar – Sirela (studi kasus pada BMT Al Hikmah Ungaran Kabupaten Semarang)
Daftar Isi:
- BMT AL-HIKMAH Ungaran Kabupaten Semarang merupakan lembaga keuangan syariah yang melakukan kegiatan penghimpunan dana melalui mekanisme simpanan. Salah satu produk penghimpunan dana ini yaitu simpanan suka rela lancar (SiRela). Dalam menjalankan kegiatan penghimpunan dana memerlukan sebuah promosi, sebagai upaya dalam meningkatkan volume penjualan. Memperhatikan hal-hal tersebut diatas, penulis memandang penting untuk melakukan penelitian dengan judul “ANALISIS PENERAPAN BAURAN PROMOSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK SIMPANAN SUKA RELA LANCAR – SIRELA (Studi Kasus pada BMT Al-Hikmah Ungaran Kabupaten Semarang). Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bauran promosi apa saja yang diterapkan di BMT Al Hikmah Ungaran Kabupaten Semarang. Dengan rumusan masalah bagaimana penerapan bauran promosi di BMT Al- Hikmah Ungaran Kabupaten Semarang dalam upaya meningkatkan volume penjualan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang dilakukan di BMT Al Hikmah Ungaran Kabupaten Semarang untuk menggali data-data yang relevan atau sumber data (primer dan sekunder). Penulis melakukan pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analitis. Bauran promosi yang dilakukan oleh BMT AL-Hikmah Ungaran Kabupaten Semarang yaitu periklanan, media periklanan yang digunakan oleh BMT yaitu media buletin dan website. Hal ini dipandang lebih efektif dibandingkan jika BMT harus melakukan periklanan melalui media televisi. Hal ini dikarenakan lingkup BMT yang masih tergolong kecil dan dalam lingkup kabupaten kota. Selain periklanan adapula penjualan pribadi dalam praktiknya cenderung terfokus pada konsumen satu persatu, dan cenderung berpotensi memperoleh anggota yang loyal. Adapula publikasi yang dilakukan dengan cara penyebaran brosur dan penempelan standing banner di pusat perhatian dari suatu daerah. Yang terakhir yaitu promosi penjualan dalam praktiknya seringkali BMT memberikan bonus kepada pemilik rekening SiRela dan tanpa adanya potongan bulanan.