Tanfīż ta`līm al-naḥw al-awwal bi istikhdām kitāb “al-Qawā`id al-Asāsiyyah li al-Lugah al-`Arabiyyah li Sayyid Aḥmad al-Hāsyimī” li al-tullāb al-mustawā al-awwal min qism ta`līm al-lugah al-`Arabiyyah fī faṣl A fī kulliyah al-tarbiyah wa al-tadrīs bi jāmi’ah Walisongo al-Islāmiyyah al-ḥukūmiyah Semarang li al-`āmm al-dirāsī 2013/2014
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah berikut: 1) Bagaimana implementasi pembelajaran nahwu 1 dengan menggunakan kitab “Al-Qowaid Al-Asasiyyah Li Al-Lughoh Al-Arobiyyah Li Sayid Ahmad Al-Hasyimi” pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Semester 1 Kelas A Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Walisongo Semarang Tahun Ajaran 2013/2014? 2) Bagaimana hasil belajar Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Semester 1 Kelas A Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Walisongo Semarang Tahun Ajaran 2013/2014 dalam pembelajaran Nahwu 1 dengan menggunakan kitab “Al-Qowaid Al-Asasiyyah Li Al-Lughoh Al-Arobiyyah Li Sayid Ahmad Al-Hasyimi”? Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif deskriptif karena penelitiannya di lapangan dan data yang diambil berupa kata-kata bukan angka. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang peneliti gunakan ialah metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini antara lain: 1) Pembelajaran Nahwu 1 dengan menggunakan kitab “Al-Qowaid Al-Asasiyyah Li Al-Lughoh Al-Arobiyyah Li Sayid Ahmad Al-Hasyimi” pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Semester 1 Kelas A Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Walisongo Semarang Tahun Ajaran 2013/2014 mempunyai tujuan yang agung yaitu menjadikan Mahasiswa mampu untuk memahami bahasa arab dengan kemampuan menyusun kalimat yang sempurna dan dapat mengetahui arti dari kata-katanya serta kedudukannya di dalam kalimat dengan sebaik-baik bentuk. Materi pembelajaran diambil dari kitab “Al-Qowaid Al-Asasiyyah Li Al-Lughoh Al-Arobiyyah Li Sayid Ahmad Al-Hasyimi”. Sedangkan metode yang digunakan dalam pembelajaran antara lain: metode ceramah, deduksi, induksi, diskusi dan resitasi, akan tetapi metode yang sering digunakan adalah metode deduksi. Media yang digunakan oleh dosen Nahwu 1 ialah media klasik yaitu buku ajar, papan tulis dan spidol. Sedangkan evaluasi yang digunakan untuk mengukur hasil belajar ada 2 macam yaitu evaluasi bentuk tes dan non tes. Kegiatan pembelajaran Nahwu 1 pada umumnya berjalan dengan baik. 2) Hasil belajar Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Semester 1 Kelas A Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Walisongo Semarang Tahun Ajaran 2013/2014 dalam pembelajaran nahwu 1 dengan menggunakan kitab “Al-Qowaid Al-Asasiyyah Li Al-Lughoh Al-Arobiyyah Li Sayid Ahmad Al-Hasyimi” pada umumnya hasilnya baik. Nilai tertinggi ialah 4,0, sedangkan nilai terendah ialah 0 dan nilai rata-rata kelasnya ialah 3,18.