Daftar Isi:
  • Peneliti menjelaskan skripsi ini yaitu meningkatkan prestasi belajar bahasa arab pada ketrampilan menulis dengan metode Insya’ Muwajjah. Penelitian berlatarbelakang terhadap keberhasilan tujuan pembelajaran yang memberikan siswa dalam menerapkan proses pembelajaran, agar siswa mampu berpengaruh, membangun dan meningkatkan kecerdasan ketrampilan siswa. Oleh karena itu, peran guru sangat penting dan berharap agar guru menguasai pembelajaran yang baik dan harus memilih metode yang sesuai untuk materi pembelajaran agar dapat sampai ke siswa. pembelajaran ini untuk menjawab pertanyaan yang diteliti, yaitu :apakah metode Insya’ Muwajjah dapat meningkatkan Prestasi pembelajaran ketrampilan menulis untuk siswa kelas 2 MA Ma’arif Boja Kendal? Apa faktor yang mempengaruhi pembelajaran dengan metode Insya’ Muwajjah dapat meningkatkan Prestasi pembelajaran ketrampilan menulis untuk siswa kelas 2 MA Ma’arif Boja Kendal. peneliti melakukan langkah langsung ke lokasi MA Ma’arif Boja Kendal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil meningkatkan ketrampilan menulis dengan menggunakan metode Insya’ Muwajjah pada kelas 2 MA Boja Kendal. peneliti menggunakan dengan 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Judul ini diambil dari seluruh siswa kelas 2 MA Ma’arif Boja Kendal. Pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu metode observasi, metode dokumentasi dan metode latihan. Meningkatkan hasil belajar bahasa arab dengan menggunakan metode Insya’ Muwajjah untuk meningkatkan ketrampilan menulis terhadap siswa kelas 2 MA Ma’arif Boja Kendal. Proses pembelajaran tergantung kegiatan siswa di lembaga sehingga mereka menemukan pengetahuan dan ilmu jiwa dan mengetahui keadaan mereka untuk memperoleh data yang berhubungan dengan belajar. Sehingga mereka kuat dalam berfikir dari informasi yang baru. 2) Penelitian ini dibagi menjadi 3 siklus yang dimulai dari observasi dan analisis hasil pembelajaran siswa. Dan sesuai pengamatan, hasil belajar ketrampilan menulis sebelum siklus adalah 43,76%, hasil pembelajaran pada siklus ke-2 yaitu 76, 12% dan hasil pembelajaran pada siklus ke-3 yaitu 87,5%. Dari penjelasan diatas, peneliti berharap pembelajaran bahasa arab pada ketrampilan menulis dengan menggunakan metode Insya’ Muwajjah mampu meningkatkan ketrampilan menulis terhadap siswa kelas 2 MA Ma’arif Boja Kendal.