Peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Al-qur’an Hadits materi penerapan hukum tajwid melalui media audio visual di MTs Nurussibyan Wonosari Ngaliyan Semarang
Daftar Isi:
- Dalam penelitian ini rumusan permasalahan yang diangkat adalah : Apakah dengan penerapan media audio visual bisa lebih meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Haditt materi penerapan hukum tajwid di MTs.Nurussibyan Wonosari Ngaliyan Semarang Tahun 2010. Dari rumusan masalah diatas ,penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui apakah dengan penerapan media audio visual bisa lebih meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi penerapan hukum tajwid di MTs. Nurussibyan Wonosari Ngaliyan Semarang Tahun 2010 . Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif prosentase. Untuk membuktikannya peneliti menggunakan 3 siklus yaitu Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs. Nurussibyan sebanyak 20 siswa. Pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitan menunjukkan bahwa Penggunaan Media Audio Visual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam materi pokok hukum tajwid. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai rata-rata ulangan harian yang mengalami peningkatan. Hal ini tampak dari nilai rata rata hasil tes pra siklus 59,58 pada tes tulis, dan nilai rata – rata tes baca / tartil 59,75 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 50 %, sedangkan nilai rata - rata hasil tes siklus I 64,25 pada tes tulis, dan nilai rata – rata tes baca / tartil 65,75 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 65 % , dan nilai rata- rata hasil tes siklus II 69,5 pada tes tulis, dan nilai rata – rata tes baca / tartil 72 dan presentase ketuntasan belajar sebesar 100 %. Hal ini berarti telah mengalami peningkatan yang bagus.