Pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran al Qur’an Hadits di madrasah ibtidaiyah se kecamatan Gemuh kabupaten Kendal tahun 2010
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal taun 2010. kajianya dilatarbelakangi oleh rendahnya mutu pendidikan di Indonesia salah satunya faktornya adalah minimnya tenaga pengajar yang profesional yang mempengaruhi prestasi mata pelajaran al qur’an hadits. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana tingkat profesionalisme guru Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal tahun 2010? (2) Bagaimana prestasi siswa pada bidang mata pelajaran Al qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal tahun 2010? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Gemuh Tahun 2010. (3) Adakah profesionalisme guru Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Gemuh terhadap prestasi siswa pada bidang mata pelajaran Al qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal tahun 2010? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan pada guru Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Gemuh. Madarasah Ibtidaiyah Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal tersebut dijadikan sumber data untuk mendapatkan potret dan jawaban pengaruh profesionalisme guru Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Gemuh terhadap prestasi siswa pada bidang mata pelajaran Al qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal tahun 2010. Datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan analisis statistik dengan rumus product moment. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat profesionalisme guru Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Gemuh diperoleh mean yaitu 30,33 dan dibulatkan menjadi 30. Dari nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa variable profesionalisme guru dalam kategori cukup yaitu pada interval 27 – 33. (2) Prestasi siswa pada bidang mata pelajaran al qur’an hadits diperoleh mean yaitu 83,66 dan dibulatkan menjadi 84. Dari mean tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel tentang Prestasi siswa pada bidang mata pelajaran al qur’an hadits dalam kategori cukup yaitu pada interval 30 – 138. (3) Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan pengaruh positif profesionalisme guru terhadap peningkatan prestasi mata pelajaran al qur’an hadits di Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal, dengan rumus product moment yang menunjukkan nilai r observasi adalah 0,49228. Kemudian hasil tersebut dikonfirmasikan dengan harga r-teoritik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% untuk jumlah responden 33 dalam taraf sigifikansi 5% = 0,344 dan taraf signifikansi 1% = 0,442.