Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan upaya penerapan model pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik di MI Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati.Pertanyaan utama yang ingin dijawab daripenelitian ini adalah: Apakah penggunaan permainan kartu huruf hijaiyah dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas II MI Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong PatiTahunPelajaran 2010 / 2011. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (a) Kemampuan siswa kelas II MI Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati dalam membaca al–Qur’an sebelum menggunakan kartu huruf hijaiyah masih sangat rendah, hal ini dibuktikan dengan nilai rata – rata prestasi belajar siswa pada pra siklus hanya mencapai 68,91. (b) Nilai rata – rata kemampuan membaca al–Qur’an siswakelas II MI Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati meningkat pada siklus I yaitu 72,97. Kemudian pada siklus II menjadi 82,03%, dan pada siklus III menjadi 87,50. (b) Permainan kartu huruf hijaiyah terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas II MI Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati. Hal ini dapat dibuktikan dengan ketuntasan siswa pada siklus III yaitu 87,50 % yang berarti melebihi ketuntasan minimal yaitu 85%. Berdasarkan uji coba pembelajaran permainan kartu huruf hijaiyah bagi siswa kelas II MI Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati, ternyata mereka menyambut dengan antusias permainan tersebut. Program ini sangat sesuai terhadap dunia anak. Mengacu pada temuan tersebut, maka penelitian ini merekomondasikan permainan kartu huruf dan ketrampilan membaca al-Quran untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas danIslami.