Peningkatan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan qurban melalui penerapan metode team quiz di MI Islamiyah Tendas Tayu Pati tahun pelajaran 2010/2011
ctrlnum |
2495 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2495/</relation><title>Peningkatan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan qurban melalui penerapan metode team quiz di MI Islamiyah Tendas Tayu Pati tahun pelajaran 2010/2011</title><creator>Suharni, Suharni</creator><subject>297.38 Rites, prayer</subject><subject>297.77 Islamic religious education</subject><subject>371 School management; special education</subject><description>Skipsi ini membahas tentang peningkatan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan qurban melalui penerapan team quiz. Penerapan metode ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1. Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran fiqih di MI Islamiyah Tendas Tayu Pati Tahun Pelajaran 2010/2011? 2. Bagaimana penerapan metode team quiz siswa kelas V di MI Islamiyah Tendas Tayu Pati Tahun Pelajaran 2010/2011? 3. Apakah melalui metode Team Quiz dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan Qurban melalui metode Team Quiz di MI Islamiyah Tendas Tayu Pati Tahun Pelajaran 2010/2011? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakana di MI Islamiyah Tendas Tayu Pati Tahun Pelajaran 2010/2011. Datanya diperoleh dengan cara wawancara bebas, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. 
Kajian ini menunjukkan Bahwa pembelajaran Fiqih di MI Islamiyah Tendas Tayu Pati pada semester II telah menerapkan strategi pembelajaran Team Quiz yaitu pembelajaran yang menekankan pada penguasaan (hasil belajar) siswa secara penuh terhadap seluruh bahan yang dipelajari. Adapun tahapan-tahapan yang terdapat dalam strategi Team Quiz meliputi: pengajaran berdasarkan kompetensi yang akan dicapai, pembelajaran memperhatikan perbedaan individu, pelaksanaan evaluasi secara kontinu, pelaksanaan program remedial dan pengayaan, menggunakan prinsip siswa belajar aktif serta pengajaran berdasarkan pengalaman siswa. 
Bahwa pembelajaran fiqih yang melalui metode Team Quiz di MI Islamiyah Tendas Tayu Pati Tahun Pelajaran 2010/2011 dapat dikatakan meningkat karena setelah dilaksanakannya strategi pembelajaran Team Quiz dalam pembelajaran fiqih, siswa sangat aktif. Siswa mau dan mampu menjawab dan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan guru 
Bahwa prestasi belajar siswa pada bidang studi Fiqih setelah diberlakukan strategi pembelajaran Team Quiz menunjukkan hasil yang cukup baik. Dalam semester II 86.7% dari seluruh siswa sudah dapat mencapai ketuntasan dalam belajar dan 4 dari seluruh siswa yang memerlukan program remedial. Rata-rata nilai yang dicapai siswa MI Islamiyah Tendas Tayu Pati mencapai 86, tergolong baik sekali.</description><date>2011-06-19</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2495/1/093111414-cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2495/2/093111414-BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2495/3/093111414-BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2495/4/093111414-BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2495/5/093111414-BAB%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2495/6/093111414-BAB%205.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2495/7/093111414-bibliografi.pdf</identifier><identifier> Suharni, Suharni (2011) Peningkatan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan qurban melalui penerapan metode team quiz di MI Islamiyah Tendas Tayu Pati tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo. </identifier><recordID>2495</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Suharni, Suharni |
title |
Peningkatan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan qurban melalui penerapan metode team quiz di MI Islamiyah Tendas Tayu Pati tahun pelajaran 2010/2011 |
publishDate |
2011 |
topic |
297.38 Rites prayer 297.77 Islamic religious education 371 School management special education |
url |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2495/1/093111414-cover.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2495/2/093111414-BAB%201.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2495/3/093111414-BAB%202.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2495/4/093111414-BAB%203.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2495/5/093111414-BAB%204.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2495/6/093111414-BAB%205.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2495/7/093111414-bibliografi.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2495/ |
contents |
Skipsi ini membahas tentang peningkatan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan qurban melalui penerapan team quiz. Penerapan metode ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1. Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran fiqih di MI Islamiyah Tendas Tayu Pati Tahun Pelajaran 2010/2011? 2. Bagaimana penerapan metode team quiz siswa kelas V di MI Islamiyah Tendas Tayu Pati Tahun Pelajaran 2010/2011? 3. Apakah melalui metode Team Quiz dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan Qurban melalui metode Team Quiz di MI Islamiyah Tendas Tayu Pati Tahun Pelajaran 2010/2011? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakana di MI Islamiyah Tendas Tayu Pati Tahun Pelajaran 2010/2011. Datanya diperoleh dengan cara wawancara bebas, observasi partisipan, dan studi dokumentasi.
Kajian ini menunjukkan Bahwa pembelajaran Fiqih di MI Islamiyah Tendas Tayu Pati pada semester II telah menerapkan strategi pembelajaran Team Quiz yaitu pembelajaran yang menekankan pada penguasaan (hasil belajar) siswa secara penuh terhadap seluruh bahan yang dipelajari. Adapun tahapan-tahapan yang terdapat dalam strategi Team Quiz meliputi: pengajaran berdasarkan kompetensi yang akan dicapai, pembelajaran memperhatikan perbedaan individu, pelaksanaan evaluasi secara kontinu, pelaksanaan program remedial dan pengayaan, menggunakan prinsip siswa belajar aktif serta pengajaran berdasarkan pengalaman siswa.
Bahwa pembelajaran fiqih yang melalui metode Team Quiz di MI Islamiyah Tendas Tayu Pati Tahun Pelajaran 2010/2011 dapat dikatakan meningkat karena setelah dilaksanakannya strategi pembelajaran Team Quiz dalam pembelajaran fiqih, siswa sangat aktif. Siswa mau dan mampu menjawab dan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan guru
Bahwa prestasi belajar siswa pada bidang studi Fiqih setelah diberlakukan strategi pembelajaran Team Quiz menunjukkan hasil yang cukup baik. Dalam semester II 86.7% dari seluruh siswa sudah dapat mencapai ketuntasan dalam belajar dan 4 dari seluruh siswa yang memerlukan program remedial. Rata-rata nilai yang dicapai siswa MI Islamiyah Tendas Tayu Pati mencapai 86, tergolong baik sekali. |
id |
IOS2754.2495 |
institution |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
53 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Walisongo Semarang |
library_id |
93 |
collection |
Walisongo Repository |
repository_id |
2754 |
subject_area |
Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama, Islam/Agama Islam Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial |
city |
SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2754 |
first_indexed |
2016-11-12T03:48:06Z |
last_indexed |
2022-09-12T06:33:11Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765821480045641728 |
score |
17.538404 |