Upaya meningkatkan kemampuan membaca al Qur'an dengan metode struktural analitik sintetik siswa kelas IV MI Nurul Islam 02 Wonokerto, Bancak, Semarang semester 1 tahun pelajaran 2010/2011
Daftar Isi:
- Penelitian tindakan kelas ini dilakukan terhadap siswa kelas IV MI Nurul Islam 02 Wonokerto Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang. Penggunaan metode dalam rangka membaca Al Qur'an yang monoton menyebabkan siswa kurang memahami cara membaca dan berakibat siswa kurang lancar dalam membaca Al Qur'an di sekolah. Dengan adanya hal tersebut kemudian peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas dengan judul " Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur'an Dengan Metode Struktural Analitik Sintetik Siswa Kelas IV MI Nurul Islam 02 Wonokerto, Bancak, Semarang Semester I Tahun Pelajaran 2010/2011" dengan tujuan agar siswa memahami cara membaca Al Qur'an sehingga mampu membaca dengan baik dan benar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemampuan membaca Al Qur'an siswa kelas IV MI Nurul Islam 02 Wonokerto Kec. Bancak Kab. Semarang? 2) Bagaimana penerapan metode SAS dilaksanakan pada siswa kelas IV MI Nurul Islam 02 Wonokerto Kec. Bancak Kab. Semarang? 3) Apakah metode SAS dapat meningkatkan kemampuan membaca Al Qur'an pada siswa kelas IV MI Nurul Islam 02 Wonokerto Kec. Bancak Kab. Semarang? Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran Struktural Analitik Sintetik (SAS) maka kemampuan siswa membaca Al Qur’an Siswa Kelas IV Semester I MI Nurul Islam 02 Wonokerto Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011 dapat ditingkatkan. Kemampuan siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode SAS ini dari siklus I hingga siklus III mengalami peningkatan, yaitu ketuntasan klasikal siswa pada siklus I hanya 42%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 57%, dan pada siklus III mencapai 88%.