Penerapan strategi reading aloud untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada pembelajaran al-Qur’an hadits materi pokok surat al-‘Alaq di kelas V MI Sabilul Huda Galiran Baleadi
Daftar Isi:
- Skripsi ini dilatarbelakangi oleh cara mengajar Al-Qur’an di kelas V MI Sabilul Huda Galiran Baleadi Sukolilo Pat hanya menerangkan saja sehingga tidak melibatkan banyak keaktifan peserta didik dan mereka hanya menghafal dan mencatat setiap keterangan dari guru. Salah satunya yang bisa dikembangkan untuk mewujudkan pembelajaran aktif adalah Reading aloud (membaca dengan keras). Strategi ini adalah sebuah strategi ini dapat membantu peserta didik dalam berkonsentrasi, mengajukan pertanyaan, dan menggugah diskusi. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana penerapan strategi reading aloud pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi pokok surat al-‘Alaq di kelas V MI Sabilul Huda Galiran Baleadi Sukolilo Pati? 2) Adakah peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi surat al-‘Alaq melalui strategi reading aloud di kelas V MI Sabilul Huda Galiran Baleadi Sukolilo Pati?. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan strategi reading aloud pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi pokok surat al-‘alaq di kelas V MI Sabilul Huda Galiran Baleadi Sukolilo Pati dilakuan dengan memberikan potongan ayat surat al-‘alaq untuk di baca oleh siswa atau kelompok siswa di depan, pada saat siswa membaca guru menghentikan untuk menjelaskan maksud dan bacann bacaan tersebut atao menyakan kepada siswa atau kelompok untuk dijawab, kemudian guru melakukan tes kemampuan membaca secara pribadi, kegiatan diakhiri dengan do’a bersama dan salam. 2) Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi surat al-‘alaq melalui strategi reading aloud di kelas V MI Sabilul Huda Galiran Baleadi Sukolilo Pati dapat di lihat dari kenaikan nilai kemampuan membaca siswa pada pra siklus tingkat ketutasannya ada 14 siswa atau 47% naik menjadi 20 siswa atau 66% pada siklus I, naik lagi pada siklus II menjadi 26 siswa atau 86%. Kenaikan juga terjadi pada kaetifan siswa dalam pembelajaran yaitu dimana pada pra siklus ada 6 siswa atau 38% naik menjadi 19 siswa atau 63% pada siklus I dan pada siklus II sudah menapai 25 siswa atau 84%.