Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana keberhasilan penggunaan strategi Reading Aloud untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran SKI pokok bahasan Dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah Kelas VII M.Ts. Al-Munir Bandongan Magelang. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan dilakukan dengan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi Hasil dari masing-masing siklus berbeda pada siklus I rata-rata nilai siswa mencapai 69,1 dengan ketuntasan klasikalnya mencapai 26,7%. Hal ini menunjukkan bahwa pencapaian hasil belajar siswa belum memenuhi target yang diharapkan. Pada siklus II terjadi peningkatan prestasi belajar dibandingkan dengan siklus sebelumnya. Hal itu ditunjukkan dengan rata-rata nilai siswa sebesar 75,4 sedangkan ketuntasan klasikalnya mencapai 83,3%. Setelah pelaksanaan siklus II yang prestasinya mampu mencapai target yang diinginkan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Reading Aloud dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI pokok bahasan Dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah pada Kelas VII M.Ts. Al-Munir Bandongan Magelang.walaupun menggunakan strategi yang sama dapat menghasilkan prestasi yang berbeda maka peneliti memberikan saran agar semua pembelajaran yang telah direncanakan dengan baik harus juga dilaksanakan dengan tepat sesuai rencana yang ada, disamping itu pendidik juga harus memperhatikan semua faktor yang mempengaruhi kegiatan pembelajaran. Harapan dari peneliti semoga apa yang telah ditulis pada skripsi ini dapat memberikan manfaat khususnya bagi peneliti, mahasiswa, guru dan umumnya bagi perkembangan pendidikan di masa mendatang.