Upaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur'an siswa dengan strategi klasikal baca simak (studi tindakan pada kelas VI MI Raudlatul Muta’allimin desa Pesagi kec. Kayen kab. Pati tahun pelajaran 2010/2011)
Daftar Isi:
- Skripsi ini dilatar belakangi oleh Proses pembelajaran al-Qur’an yang terjadi Kelas VI MI Raudlatul Muta’allimin desa Pesagi Kec. Kayen Kab. Pati siswa kurang mampu membaca Al-Qur’an dengan benar dilihat dari ketuntasan membacanya selama setahun belakangan ini hanya 60% dari jumlah peserta didik, ini sebabkan karena guru terlalu dominan dalam proses pembelajaran yang dilakukan dengan tidak memperhatikan secara individu perkembangan bacaan siswa. Salah satu strategi alternatif untuk mengatasi permasalahan diatas yaitu strategi klasikal baca simak Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana penerapan strategi klasikal baca simak pada pembelajaran membaca Al-Qur’an di Kelas VI MI Raudlatul Muta’allimin Desa Pesagi Kec. Kayen Kab. Pati? 2) Adakah peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa Kelas VI MI Raudlatul Muta’allimin Desa Pesagi Kec. Kayen Kab. Pati setelah menggunakan strategi klasikal baca simak? Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan per siklus Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan strategi klasikal baca simak pada pembelajaran membaca Al-Qur’an di Kelas VI MI Raudlatul Muta’allimin Desa Pesagi Kec. Kayen Kab. Pati dilakukan dengan menyuruh siswa membaca bersama dan saling menyimak maupun membaca secara individu maupun kelompok dan saling menyimak, begitu juga proses pembelajaran juga dilakukan dengan guru menyimak bacaan siswa dan siswa juga menyimak bacaan guru. 2) Peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa Kelas VI MI Raudlatul Muta’allimin Desa Pesagi Kec. Kayen Kab. Pati setelah menggunakan strategi klasikal baca simak dapat dilihat dari hasil kemampuan membaca siswa dimana pada pada pra siklus 23,5% menjadi 35,3% pada siklus I meningkat lagi pada siklus II yaitu 70,6% dan pada siklus III sudah mencapai 88,2%, peningkatan juga bisa dilihat dari keaktifan belajar siswa dimana pada siklus I 41,2% dan pada siklus II 76,5% dan di siklus III sudah mencapai 82,4%. Ini menunjukkan keaktifan belajar sudah melebihi indikator keberhasilan yang diinginkan dan hipotesis tindakan terwujud.