Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas kemampuan membaca al-Qur’an. Kajiannya dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca Al-Qur'an peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Muta’allimin Meteseh Kec. Tembalang Semarang yang tidak sama. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : bagaimana kemampuan membaca al qur’an mata pelajaran al Qur’an Hadits Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Muta’allimin Meteseh Kec. Tembalang Semarang Tahun 2010? Permasalahan tersebut dibahas melalui Penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, setelah data terkumpul lalu dianalisis dengan menggunakan analisis data yang terdiri dari tahapan pengumpulan data, dan penyajian data, data yang yang terkumpul semata-mata bersifat deskriptif dimana analisis datanya dilakukan secara induktif. Kajian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca al qur’an mata pelajaran al Qur’an Hadits Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Muta’allimin Meteseh Kec. Tembalang Semarang Tahun 2010 berada dalam kategori "cukup". Hal ini terlihat dari rata-rata kemampuan membaca siswa adalah 70,66. Nilai tersebut berada dalam interval 69 – 76. Untuk itu, harus ada peningkatan kemampuan yang dimiliki guru dalam mengajar terutama efektifitas guru dalam menggunakan metode, strategi pembelajaran maupun pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur'an Hadits siswa.