Studi deskripsi tentang kemampuan menulis al-Qur’an Hadits siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Campursalam kecamatan Parakan kabupaten Temanggung tahun 2011
Daftar Isi:
- Skripsi ini dilatarbelakangi oleh siswa yang belajar di MI Darussalam Campursalam Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung banyak dijumpai kesalahan dalam menulis huruf al-Qur’an. Dari beberapa kalimat atau ayat al-Qur’an yang telah dihafal siswa belum bisa. Bahkan tidak mampu dituangkan dengan baik dan benar dalam bentuk tulisan, bahkan untuk menyalin tulisan dari kalimat atau ayat al-Qur’an yang dituliskan oleh guru di papan tulis atau dalam buku catatan tidak sepenuhnya benar Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimana proses pembelajaran menulis di al-Qur’an hadits siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Campursalam Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung ?. 2) Bagaimana kemampuan menulis al-Qur’an hadits siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Campursalam Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung? Permasalahan tersebut di bahas melalui Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi, setelah data terkumpul lalu dianalisis dengan menggunakan analisis data yang terdiri dari tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data dan penyajian data, data yang yang terkumpul semata-mata bersifat deskriptif dimana analisis datanya dilakukan secara induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pembelajaran dimulai dari merencanakan program pembelajaran yang telah disiapkan oleh guru al-Qur'an baik perencanaan tujuan, pendekatan, metode, media maupun evaluasi, kemudian setelah perencanaan matang maka proses pembelajran mebaca dan menulis al-Qur'an dilakukan yang dimulai dari membuka pembelajaran memlauai salam dan do’a bersama, membaca al-Qur'an surat at-takasur bersama-sama, guru membacakan al-Qur'an at-takasur dengan benar dan menulisnya di papan tulis kemudian siswa disuruh mengulang dan menulis apa yang telah dilakukan guru, selanjutnya guru al-Qur'an mempersilahkan peserta didik untuk maju kedepan, kegiatan terakhir yaitu penutup yang dilakukan dengan berdo’a bersama. 2) Kemampuan menulis siswa al-Qur’an hadits siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Campursalam Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung berada dalam k ategori ”cukup”. Hal ini terlihat dari rata-rata kemampuan menulis al-Qur’an hadits siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Campursalam Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung adalah . Nilai tersebut berada dalam interval 64-72,9. Ini menunjukkan dibutuhkan pembenahan pembelajran dengan pelajatihan menulis dengan baik, meningkatkan partisipasi aktif anak pada saat pembelajaran.