Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Materi Pokok Shalat Maktubah dengan Metode Demonstrasi pada Kelas III MI Muhammadiyah 01 Rowosari Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011. Peneliti menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi, subyek penelitian sebanyak 19 Responden, menggunakan instrumen kuesioner proporsional random sampling. Data penelitian yang terkumpul di analisis dengan analisis pengamatan dan test. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: dalam pra siklus ini banyak peserta didik yang tidak memahami materi shalat maktubah, jika dilihat dari ketuntasannya, maka perlu adanya tindakan penelitian kelas dengan metode Demonstrasi. Kemudian pada Siklus I (pertama) didapatkan beberapa solusi terhadap permasalahan penerapan metode Demonstrasi dalam pembelajaran PAI materi shalat maktubah sebagai upaya tindak perbaikan terhadap upaya keaktifan belajar peserta didik pada Siklus I (pertama). Sementara pada Siklus ke II (kedua) hanya mengembangkan penerapan metode Demonstrasi dalam pembelajaran PAI materi shalat maktubah akan tingkat keaktifan peserta didik menjadi lebih baik dari siklus pertama. Dengan demikian pada Siklus III (ketiga) perhatian dan keaktifan peserta didik pada siklus ini sudah menunjukkan arah yang lebih baik dalam pelaksanaan pembelajaran melalui metode Demonstrasi. Dengan demikian tingkat kemampuan peserta didik yang dimiliki setelah proses pembelajaran pada metode Demonstrasi dari masing-masing siklus terdapat perkembangan peningkatan keaktifan dalam pembelajaran pada materi PAI terutama tentang shalat maktubah. Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukkan bagi para civitas akademika, dan menjadi bahan informasi, masukkan yang dapat memberikan wawasan keilmuan, manfaat bagi kita semua. Selain tersebut, penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran serta pengembangan yang terkait dengan keaktifan belajar peserta didik serta guru dapat melakukan berbagai metode pembelajaran, khususnya pada metode Demonstrasi terhadap proses pembelajaran.