ctrlnum 2445
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2445/</relation><title>Upaya meningkatkan prestasi belajar SKI pokok bahasan khulafaur rosyidin dengan metode concept map kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Matholi&#x2019;ul Falah Mejobo Kudus tahun ajaran 2010/2011</title><creator>Mohtar, Mohtar</creator><subject>297.61 Islamic leaders</subject><subject>297.77 Islamic religious education</subject><subject>371 School management; special education</subject><description>Skripsi ini dilatarbelakangi dari proses pembelajaran SKI Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Matholi&#x2019;ul Falah Mejobo Kudus dengan menggunakan metode ceramah dan dominan cerita sehingga siswa pasif dalam pembelajaran dengan hanya mendengarkan guru saja tanpa melakukan proses aktif bekerja mandiri dalam pembelajarannya. Untuk itu diperlukan metode pembelajaran yang variatif yang mengarah pada pembentukan keaktifan belajar siswa. Salah satunya adalah melaksanakan proses pembelajaran SKI menggunakan metode concept map. &#xD; Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana prestasi belajar SKI pokok bahasan Khulafaur Rosyidin kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Matholi&#x2019;ul Falah Mejobo Kudus sebelum menggunakan metode concept map? 2) Bagaimana praktek pelaksanaan pembelajaran SKI pokok bahasan Khulafaur Rosyidin dengan metode concept map kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Matholi&#x2019;ul Falah Mejobo Kudus? 3) Apakah metode concept map dapat meningkatkan prestasi belajar SKI pokok bahasan Khulafaur Rosyidin kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Matholi&#x2019;ul Falah Mejobo Kudus. &#xD; Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. &#xD; Kajian ini menunjukkan bahwa: 1) Prestasi belajar SKI pokok bahasan Khulafaur Rosyidin kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Matholi&#x2019;ul Falah Mejobo Kudus sebelum menggunakan metode concept map dengan KKM 70 hanya ada 8 oesert didik atau 40%. 2) Praktek pelaksanaan pembelajaran SKI pokok bahasan Khulafaur Rosyidin dengan metode concept map kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Matholi&#x2019;ul Falah Mejobo Kudus dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu dari perencanaan peneliti membuat Rencana pelaksanaan pembelajaran, menyusun kerangka concept map, pembentukan kelompok maupun pasangan, menyusun kuis, menyiapkan lembar observasi, dan pendokumentasian. Kemudian dilakukan tindakan yang merupakan proses pelaksanaan pembelajaran yang dimulai dari pendahuluan kegiatan berupa, absensi dan pemberian motivasi. Pada tahap pelaksanaan, peneliti menyuruh siswa membuat concept map sesuai skenario pembelajaran secara klasikal pada siklus I, kelompok pada siklus II dan berpasangan pada siklus III, yang masing-masing siklus ditindaklanjuti dengan presentasi, diskusi, mereview, tanya jawab dan penguatan dari peneliti. Terakhir penutup dengan memberikan soal, tindak lanjut dan berdo&#x2019;a bersama. Selanjutnya tahap observasi dengan menilai hasil keaktifan belajar dan nilai hasil belajar siswa dan tahap refleksi dengan mengevaluasi kekurangan setiap tahapan siklus untuk menjadi pedoman yang akan dilakukan pada siklus berikutnya. 3) Peningkatan prestasi belajar SKI pokok bahasan Khulafaur Rosyidin kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Matholi&#x2019;ul Falah Mejobo Kudus dengan metode concept map dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar siswa persiklus yaitu pada siklus I 55%, pada siklus II menjadi 65% dan pada siklus III meningkat menjadi 85%. Demikian juga dengan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran juga mengalami peningkatan persiklus yaitu pada siklus I keaktifan siswa 55% naik menjadi 60% pada siklus II dan pada siklus III menjadi 80%, ini menunjukkan indikator yang ditentukan yaitu ada peningkatan prestasi belajar siswa pada pelaksanaan pembelajaran SKI pokok bahasan Khulafaur Rosyidin dengan metode concept map kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Matholi&#x2019;ul Falah Mejobo Kudus yang ditandai rata-rata nilai hasil kuis sesuai KKM yaitu 7,0. Dan rata siswa yang mendapatkan nilai tersebut adalah 70% tercapai, dan hipotesis yang menyatakan penggunaan metode concept map dapat meningkatkan prestasi belajar SKI pokok bahasan Khulafaur Rosyidin kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Matholi&#x2019;ul Falah Mejobo Kudus di terima.</description><date>2011-07-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2445/1/093111320-cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2445/2/093111320-bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2445/3/093111320-bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2445/4/093111320-bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2445/5/093111320-bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2445/6/093111320-bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2445/7/093111320-bibliografi.pdf</identifier><identifier> Mohtar, Mohtar (2011) Upaya meningkatkan prestasi belajar SKI pokok bahasan khulafaur rosyidin dengan metode concept map kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Matholi&#x2019;ul Falah Mejobo Kudus tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo. </identifier><recordID>2445</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Mohtar, Mohtar
title Upaya meningkatkan prestasi belajar SKI pokok bahasan khulafaur rosyidin dengan metode concept map kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Matholi’ul Falah Mejobo Kudus tahun ajaran 2010/2011
publishDate 2011
topic 297.61 Islamic leaders
297.77 Islamic religious education
371 School management
special education
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2445/1/093111320-cover.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2445/2/093111320-bab1.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2445/3/093111320-bab2.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2445/4/093111320-bab3.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2445/5/093111320-bab4.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2445/6/093111320-bab5.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2445/7/093111320-bibliografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2445/
contents Skripsi ini dilatarbelakangi dari proses pembelajaran SKI Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Matholi’ul Falah Mejobo Kudus dengan menggunakan metode ceramah dan dominan cerita sehingga siswa pasif dalam pembelajaran dengan hanya mendengarkan guru saja tanpa melakukan proses aktif bekerja mandiri dalam pembelajarannya. Untuk itu diperlukan metode pembelajaran yang variatif yang mengarah pada pembentukan keaktifan belajar siswa. Salah satunya adalah melaksanakan proses pembelajaran SKI menggunakan metode concept map. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana prestasi belajar SKI pokok bahasan Khulafaur Rosyidin kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Matholi’ul Falah Mejobo Kudus sebelum menggunakan metode concept map? 2) Bagaimana praktek pelaksanaan pembelajaran SKI pokok bahasan Khulafaur Rosyidin dengan metode concept map kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Matholi’ul Falah Mejobo Kudus? 3) Apakah metode concept map dapat meningkatkan prestasi belajar SKI pokok bahasan Khulafaur Rosyidin kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Matholi’ul Falah Mejobo Kudus. Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Kajian ini menunjukkan bahwa: 1) Prestasi belajar SKI pokok bahasan Khulafaur Rosyidin kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Matholi’ul Falah Mejobo Kudus sebelum menggunakan metode concept map dengan KKM 70 hanya ada 8 oesert didik atau 40%. 2) Praktek pelaksanaan pembelajaran SKI pokok bahasan Khulafaur Rosyidin dengan metode concept map kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Matholi’ul Falah Mejobo Kudus dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu dari perencanaan peneliti membuat Rencana pelaksanaan pembelajaran, menyusun kerangka concept map, pembentukan kelompok maupun pasangan, menyusun kuis, menyiapkan lembar observasi, dan pendokumentasian. Kemudian dilakukan tindakan yang merupakan proses pelaksanaan pembelajaran yang dimulai dari pendahuluan kegiatan berupa, absensi dan pemberian motivasi. Pada tahap pelaksanaan, peneliti menyuruh siswa membuat concept map sesuai skenario pembelajaran secara klasikal pada siklus I, kelompok pada siklus II dan berpasangan pada siklus III, yang masing-masing siklus ditindaklanjuti dengan presentasi, diskusi, mereview, tanya jawab dan penguatan dari peneliti. Terakhir penutup dengan memberikan soal, tindak lanjut dan berdo’a bersama. Selanjutnya tahap observasi dengan menilai hasil keaktifan belajar dan nilai hasil belajar siswa dan tahap refleksi dengan mengevaluasi kekurangan setiap tahapan siklus untuk menjadi pedoman yang akan dilakukan pada siklus berikutnya. 3) Peningkatan prestasi belajar SKI pokok bahasan Khulafaur Rosyidin kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Matholi’ul Falah Mejobo Kudus dengan metode concept map dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar siswa persiklus yaitu pada siklus I 55%, pada siklus II menjadi 65% dan pada siklus III meningkat menjadi 85%. Demikian juga dengan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran juga mengalami peningkatan persiklus yaitu pada siklus I keaktifan siswa 55% naik menjadi 60% pada siklus II dan pada siklus III menjadi 80%, ini menunjukkan indikator yang ditentukan yaitu ada peningkatan prestasi belajar siswa pada pelaksanaan pembelajaran SKI pokok bahasan Khulafaur Rosyidin dengan metode concept map kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Matholi’ul Falah Mejobo Kudus yang ditandai rata-rata nilai hasil kuis sesuai KKM yaitu 7,0. Dan rata siswa yang mendapatkan nilai tersebut adalah 70% tercapai, dan hipotesis yang menyatakan penggunaan metode concept map dapat meningkatkan prestasi belajar SKI pokok bahasan Khulafaur Rosyidin kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Matholi’ul Falah Mejobo Kudus di terima.
id IOS2754.2445
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:48:01Z
last_indexed 2022-09-12T06:33:09Z
recordtype dc
_version_ 1765821479817052160
score 17.538404