ctrlnum 2441
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2441/</relation><title>Penerapan cooperative learning dengan strategi bermain jawaban pada mata pelajaran fiqih materi pokok kurban untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas V MI Salafiyah Lahar Tlogoungu Pati</title><creator>Astuti, Puji</creator><subject>297.38 Rites, prayer</subject><subject>297.77 Islamic religious education</subject><subject>371 School management; special education</subject><description>Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran fiqih di MI Salafiyah Lahar Tlogowungu Pati selama ini proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, dan mendikte sehingga menjadikan siswa hanya menerima materi secara pasif, Untuk mengatasi kepasifan peserta didik salah satu bentuk pembelajran yang bisa dilakukan adalah cooperatif learning dengan strategi bermain jawaban yaitu sebuah permainan yang dapat melibatkan semua peserta didik dari awal sampai akhir. Dalam permainan ini mereka ditantang untuk mencari jawaban yang benar dan sekaligus bergantung pada faktor keberuntungan. Permainan ini dapat digunakan untuk pre-test maupun post-test, di samping tentunya untuk mengajarkan materi baru. Dalam permainan ini guru mengajar dengan menggunakan jawaban-jawaban yang ditemukan oleh peserta didik.&#xD; Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimana penerapan cooperative learning dengan strategi bermain jawaban pada mata pelajaran fiqih materi pokok kurban di kelas V MI Salafiyah Lahar Tlogowungu Pati? 2) Adakah peningkatan prestasi belajar mata pelajaran fiqih materi pokok kurban di kelas V MI Salafiyah Lahar Tlogowungu Pati setelah menerapkan cooperative learning dengan strategi bermain jawaban&#xD; Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi prestasi tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan cooperative learning dengan strategi bermain jawaban pada mata pelajaran fiqih materi pokok kurban di kelas V MI Salafiyah Lahar Tlogowungu Pati dilakukan dalam empat tahap yaitu melalui perencanaan dengan mempersiapkan RPP, tes, Los dan lain-lain, pelaksanaan dengan melakukan tindakan mulai dari menerangkan materi, kerja kelompok untuk menjawab pertanyaan yang diberikan dan setiap kelompok mencari jawaban dari kotak yang telah di sediakan kemudian diskusi kelas, Observasi dilakukan dengan mengamanati keaktifan siswa pada saat pembelajaran, setelah nilai dan keaktifan di peroleh langkah terakhir yang dilakukan peneliti adalah merefleksi pembelajaran untuk di temukan solusi pada siklus berikutnya. 2) Ada peningkatan prestasi belajar mata pelajaran fiqih materi pokok kurban di kelas V MI Salafiyah Lahar Tlogowungu Pati setelah menerapkan cooperative learning dengan strategi bermain jawaban. Hal ini terlihat dari peningkatan prestasi belajar siswa dalam tiap siklusnya dimana pada pra siklus tingkat ketuntasan dengan KKM 70 ada 61% naik menjadi 72% pada siklus I dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II menjadi 85%. Kenaikan juga terjadi pada keaktifan belajar siswa yaitu pada pra siklus yang berada pada kategori baik sekali dan baik ada 46% naik menjadi 61% pada siklus I dan setelah dilakukan pada siklus II menjadi 82%. Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan dapat diterima yaitu ada peningkatan prestasi belajar mata pelajaran fiqih materi pokok kurban di kelas V MI Salafiyah Lahar Tlogowungu Pati setelah menerapkan cooperative learning dengan strategi bermain jawaban.</description><date>2011-07-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2441/1/093111315-cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2441/2/093111315-bab%601.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2441/3/093111315-bab%602.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2441/4/093111315-bab%603.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2441/5/093111315-bab%604.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2441/6/093111315-bab%605.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2441/7/093111315-bibkiografi.pdf</identifier><identifier> Astuti, Puji (2011) Penerapan cooperative learning dengan strategi bermain jawaban pada mata pelajaran fiqih materi pokok kurban untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas V MI Salafiyah Lahar Tlogoungu Pati. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo. </identifier><recordID>2441</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Astuti, Puji
title Penerapan cooperative learning dengan strategi bermain jawaban pada mata pelajaran fiqih materi pokok kurban untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas V MI Salafiyah Lahar Tlogoungu Pati
publishDate 2011
topic 297.38 Rites
prayer
297.77 Islamic religious education
371 School management
special education
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2441/1/093111315-cover.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2441/2/093111315-bab%601.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2441/3/093111315-bab%602.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2441/4/093111315-bab%603.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2441/5/093111315-bab%604.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2441/6/093111315-bab%605.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2441/7/093111315-bibkiografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2441/
contents Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran fiqih di MI Salafiyah Lahar Tlogowungu Pati selama ini proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, dan mendikte sehingga menjadikan siswa hanya menerima materi secara pasif, Untuk mengatasi kepasifan peserta didik salah satu bentuk pembelajran yang bisa dilakukan adalah cooperatif learning dengan strategi bermain jawaban yaitu sebuah permainan yang dapat melibatkan semua peserta didik dari awal sampai akhir. Dalam permainan ini mereka ditantang untuk mencari jawaban yang benar dan sekaligus bergantung pada faktor keberuntungan. Permainan ini dapat digunakan untuk pre-test maupun post-test, di samping tentunya untuk mengajarkan materi baru. Dalam permainan ini guru mengajar dengan menggunakan jawaban-jawaban yang ditemukan oleh peserta didik. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimana penerapan cooperative learning dengan strategi bermain jawaban pada mata pelajaran fiqih materi pokok kurban di kelas V MI Salafiyah Lahar Tlogowungu Pati? 2) Adakah peningkatan prestasi belajar mata pelajaran fiqih materi pokok kurban di kelas V MI Salafiyah Lahar Tlogowungu Pati setelah menerapkan cooperative learning dengan strategi bermain jawaban Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi prestasi tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan cooperative learning dengan strategi bermain jawaban pada mata pelajaran fiqih materi pokok kurban di kelas V MI Salafiyah Lahar Tlogowungu Pati dilakukan dalam empat tahap yaitu melalui perencanaan dengan mempersiapkan RPP, tes, Los dan lain-lain, pelaksanaan dengan melakukan tindakan mulai dari menerangkan materi, kerja kelompok untuk menjawab pertanyaan yang diberikan dan setiap kelompok mencari jawaban dari kotak yang telah di sediakan kemudian diskusi kelas, Observasi dilakukan dengan mengamanati keaktifan siswa pada saat pembelajaran, setelah nilai dan keaktifan di peroleh langkah terakhir yang dilakukan peneliti adalah merefleksi pembelajaran untuk di temukan solusi pada siklus berikutnya. 2) Ada peningkatan prestasi belajar mata pelajaran fiqih materi pokok kurban di kelas V MI Salafiyah Lahar Tlogowungu Pati setelah menerapkan cooperative learning dengan strategi bermain jawaban. Hal ini terlihat dari peningkatan prestasi belajar siswa dalam tiap siklusnya dimana pada pra siklus tingkat ketuntasan dengan KKM 70 ada 61% naik menjadi 72% pada siklus I dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II menjadi 85%. Kenaikan juga terjadi pada keaktifan belajar siswa yaitu pada pra siklus yang berada pada kategori baik sekali dan baik ada 46% naik menjadi 61% pada siklus I dan setelah dilakukan pada siklus II menjadi 82%. Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan dapat diterima yaitu ada peningkatan prestasi belajar mata pelajaran fiqih materi pokok kurban di kelas V MI Salafiyah Lahar Tlogowungu Pati setelah menerapkan cooperative learning dengan strategi bermain jawaban.
id IOS2754.2441
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:48:01Z
last_indexed 2022-09-12T06:33:09Z
recordtype dc
_version_ 1765821479796080640
score 17.538404