Peningkatan penguasaan materi pembelajaran idzhar halqi dengan strategi the power of two pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Danurejo, Mertoyudan, Magelang tahun 2010/2011
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi belajar The Power of Two pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Danurejo Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang, dan Untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan penguasaan materi tajwid dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist materi pokok Idzhar Halqi pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Danurejo Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang melalui penerapan strategi belajar The Power of Two. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa IV MI Muhammadiyah Danurejo Mertoyudan Kabupaten Magelang sebanyak 17 orang Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan observasi, tes tertulis individual pada akhir pembelajaran, dan melihat dokumentasi nilai mata pelajaran Al-Qur’an Hadist sebelum penerapan strategi belajar The Power of Two, data yang diperoleh dari dokumentasi nilai mata pelajaran BTQ sebelum penerapan strategi belajar The Power of Two dan nilai rata-rata tes tertulis akhir pembelajaran tiap-tiap siklus dengan penerapan strategi belajar The Power of Two dianalisis menggunakan kualitatif deskriptif. Penggunaan strategi belajar The Power of Two terbukti dapat meningkatkan penguasaan materi tajwid mata pelajaran Al-Qur’an Hadist materi pokok Idzhar Halqi dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Danurejo Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang Tahun 2010/2011. Penggunaan strategi belajar The Power of Two dalam pembelajaran mendorong minat dan perhatian siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Siswa akan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran, dan bagi guru akan lebih mudah dalam mengajar. Pada pra siklus yang menggunakan metode ceramah, ketuntasan belajarnya belum begitu baik yaitu 47,06%. Adapun pada siklus I dan II yang menggunakan strategi belajar The Power of Two, menunjukkan peningkatan yang lebih baik yaitu 64,71% pada siklus I dan 94,12% pada siklus II. Peningkatan ini juga didukung oleh nilai rerata yang naik dari 56,50 pada pra siklus menjadi 71,29 pada siklus II atau ada peningkatan nilai rata-rata sebesar 14,79 poin. Jadi ada peningkatan penguasaan materi tajwid siswa kelas IV MI Muhammadiyah Danurejo Mertoyudan Kabupaten Magelang setelah diberikan tindakan berupa penerapan strategi belajar The Power of Two dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist.