Daftar Isi:
  • Skripsi ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menghafal Al-Qur'an pada peserta didik kelas IV MI Al-Mu’min Sunan Prawoto Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati berbeda, Ada siswa yang dapat mencapainya tanpa kesulitan, akan tetapi banyak pula siswa yang mengalami kesulitan, oleh karena itu proses pembelajaran menghafal yang baik perlu dilakukan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : bagaimana kemampuan menghafal al-Qur’an siswa kelas IV MI Al-Mu’min Sunan Prawoto Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati? Permasalahan tersebut di bahas melalui Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi, setelah data terkumpul lalu dianalisis dengan menggunakan analisis data yang terdiri dari tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data dan penyajian data, data yang yang terkumpul semata-mata bersifat deskriptif dimana analisis datanya dilakukan secara induktif. Kajian ini menunjukkan bahwaKemampuan menghafal al-Qur’an siswa kelas IV MI Al-Mu’min Sunan Prawoto Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati berada dalam kategori ”cukup”. Hal ini terlihat dari rata-rata kemampuan menghafal siswa adalah . Nilai tersebut berada dalam interval 83 – 89. namun masih ada sekitar 40% siswa yang kurang mampu dalam menghafal, dan yang pada kategori baik hanya 24 % ini menunjukkan perlu pembenahan terhadap pembelajaran yang dilakukan, terutama dalam pembelajaran menghafal al-Qur’an di kelas IV MI Al-Mu’min Sunan Prawoto Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati ini tentunya dibutuhkan pola pembelajaran yang baik dari seorang guru dalam mengelola pembelajaran, menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dan menciptakan keaktifan belajar pada diri siswa.