ctrlnum 2425
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425/</relation><title>Upaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur&#x2019;an dengan baik dan benar siswa melalui model reading aloud pada mata pelajaran al-Qur&#x2019;an hadis kelas IV MI Nurul Islam 02 Wonokerto kecamatan Bancak kabupaten Semarang tahun pelajaran 2010/2011</title><creator>Rofiqoh, Rofiqoh</creator><subject>297.1224 Recitation and Reading</subject><subject>297.77 Islamic religious education</subject><subject>371 School management; special education</subject><description>Skripsi ini membahas tentang kegiatan pembelajaran dengan model reading aloud untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur&#x2019;an di Madrasah Ibtidaiyah. Kajiannya dilatar belakangi oleh lemahnya siswa dalam menguasai mata pelajaran al-Qur&#x2019;an Hadis. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah melalui model pembelajaran reading aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur&#x2019;an siswa pada mata pelajaran Al-Qur&#x2019;an Hadis kelas IV MI Nurul Islam 02 Wonokerto Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang? &#xD; Penelitian ini merupakan studi tindakan kelas (classroom action research) pada siswa kelas IV MI Nurul Islam 02 Wonokerto Kecamatan Bancak yang berjumlah 24 siswa. Dari observasi awal pada tahap pra siklus dapat diketahui bahwa metode pembelajaran yang digunakan oleh guru pengampu di kelas masih belum mencerminkan pembelajaran aktif, akibatnya ketika siswa mengalami kejenuhan, mereka cenderung malas dan tidak melanjutkan kembali bacaan. Hal ini dibuktikan dengan kualitas membaca siswa masih rendah.&#xD; Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran membaca al-Qur&#x2019;an dengan menggunakan strategi reading aloud, maka suasana kelas menjadi lebih ceria. Siswa menjadi lebih bersemangat dalam membaca dengan hasil yang memuaskan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap pra siklus, nilai rata-rata kelas adalah 64,79 dengan catatan bahwa 13 dari 24 siswa dinyatakan belum tuntas belajar. Setelah dilaksanakan tindakan awal pada siklus I, maka diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 67,71 dengan catatan masih ada 6 siswa yang dinyatakan belum tuntas belajar. Setelah diadakan evaluasi tindakan pada siklus II hasil tes siswa mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata kelas menjadi 72,71 dan masih terdapat 2 siswa yang belum tuntas belajar dari KKM yaitu 65. Dari ketiga tahap tersebut jelas terjadi peningkatan sebelum dan sesudah diterapkannya metode reading aloud dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur&#x2019;an dengan materi pokok surat al-Lahab.&#xD; Dalam penelitian ini, penggunaan metode reading aloud dilaksanakan secara kolektif dengan melibatkan semua pihak di dalam kelas, untuk menunjang proses kegiatan pembelajaran. Hal tersebut merupakan bukti konkrit bahwa segala bentuk proses kegiatan pembelajaran akan bisa terlaksana dengan baik apabila semua pihak yang terkait saling mendukung.</description><date>2011-06-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425/1/093111292-COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425/2/093111292-Bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425/3/093111292-Bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425/4/093111292-Bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425/5/093111292-Bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425/6/093111292-Bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425/7/093111292-Bibliografi.pdf</identifier><identifier> Rofiqoh, Rofiqoh (2011) Upaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur&#x2019;an dengan baik dan benar siswa melalui model reading aloud pada mata pelajaran al-Qur&#x2019;an hadis kelas IV MI Nurul Islam 02 Wonokerto kecamatan Bancak kabupaten Semarang tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo. </identifier><recordID>2425</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rofiqoh, Rofiqoh
title Upaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an dengan baik dan benar siswa melalui model reading aloud pada mata pelajaran al-Qur’an hadis kelas IV MI Nurul Islam 02 Wonokerto kecamatan Bancak kabupaten Semarang tahun pelajaran 2010/2011
publishDate 2011
topic 297.1224 Recitation and Reading
297.77 Islamic religious education
371 School management
special education
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425/1/093111292-COVER.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425/2/093111292-Bab1.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425/3/093111292-Bab2.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425/4/093111292-Bab3.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425/5/093111292-Bab4.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425/6/093111292-Bab5.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425/7/093111292-Bibliografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425/
contents Skripsi ini membahas tentang kegiatan pembelajaran dengan model reading aloud untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah. Kajiannya dilatar belakangi oleh lemahnya siswa dalam menguasai mata pelajaran al-Qur’an Hadis. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah melalui model pembelajaran reading aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas IV MI Nurul Islam 02 Wonokerto Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang? Penelitian ini merupakan studi tindakan kelas (classroom action research) pada siswa kelas IV MI Nurul Islam 02 Wonokerto Kecamatan Bancak yang berjumlah 24 siswa. Dari observasi awal pada tahap pra siklus dapat diketahui bahwa metode pembelajaran yang digunakan oleh guru pengampu di kelas masih belum mencerminkan pembelajaran aktif, akibatnya ketika siswa mengalami kejenuhan, mereka cenderung malas dan tidak melanjutkan kembali bacaan. Hal ini dibuktikan dengan kualitas membaca siswa masih rendah. Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran membaca al-Qur’an dengan menggunakan strategi reading aloud, maka suasana kelas menjadi lebih ceria. Siswa menjadi lebih bersemangat dalam membaca dengan hasil yang memuaskan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap pra siklus, nilai rata-rata kelas adalah 64,79 dengan catatan bahwa 13 dari 24 siswa dinyatakan belum tuntas belajar. Setelah dilaksanakan tindakan awal pada siklus I, maka diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 67,71 dengan catatan masih ada 6 siswa yang dinyatakan belum tuntas belajar. Setelah diadakan evaluasi tindakan pada siklus II hasil tes siswa mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata kelas menjadi 72,71 dan masih terdapat 2 siswa yang belum tuntas belajar dari KKM yaitu 65. Dari ketiga tahap tersebut jelas terjadi peningkatan sebelum dan sesudah diterapkannya metode reading aloud dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an dengan materi pokok surat al-Lahab. Dalam penelitian ini, penggunaan metode reading aloud dilaksanakan secara kolektif dengan melibatkan semua pihak di dalam kelas, untuk menunjang proses kegiatan pembelajaran. Hal tersebut merupakan bukti konkrit bahwa segala bentuk proses kegiatan pembelajaran akan bisa terlaksana dengan baik apabila semua pihak yang terkait saling mendukung.
id IOS2754.2425
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:48:01Z
last_indexed 2022-09-12T06:33:09Z
recordtype dc
_version_ 1765821479719534592
score 17.538404