Upaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an dengan baik dan benar siswa melalui model reading aloud pada mata pelajaran al-Qur’an hadis kelas IV MI Nurul Islam 02 Wonokerto kecamatan Bancak kabupaten Semarang tahun pelajaran 2010/2011
ctrlnum |
2425 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425/</relation><title>Upaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an dengan baik dan benar siswa melalui model reading aloud pada mata pelajaran al-Qur’an hadis kelas IV MI Nurul Islam 02 Wonokerto kecamatan Bancak kabupaten Semarang tahun pelajaran 2010/2011</title><creator>Rofiqoh, Rofiqoh</creator><subject>297.1224 Recitation and Reading</subject><subject>297.77 Islamic religious education</subject><subject>371 School management; special education</subject><description>Skripsi ini membahas tentang kegiatan pembelajaran dengan model reading aloud untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah. Kajiannya dilatar belakangi oleh lemahnya siswa dalam menguasai mata pelajaran al-Qur’an Hadis. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah melalui model pembelajaran reading aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas IV MI Nurul Islam 02 Wonokerto Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang? 
Penelitian ini merupakan studi tindakan kelas (classroom action research) pada siswa kelas IV MI Nurul Islam 02 Wonokerto Kecamatan Bancak yang berjumlah 24 siswa. Dari observasi awal pada tahap pra siklus dapat diketahui bahwa metode pembelajaran yang digunakan oleh guru pengampu di kelas masih belum mencerminkan pembelajaran aktif, akibatnya ketika siswa mengalami kejenuhan, mereka cenderung malas dan tidak melanjutkan kembali bacaan. Hal ini dibuktikan dengan kualitas membaca siswa masih rendah.
Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran membaca al-Qur’an dengan menggunakan strategi reading aloud, maka suasana kelas menjadi lebih ceria. Siswa menjadi lebih bersemangat dalam membaca dengan hasil yang memuaskan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap pra siklus, nilai rata-rata kelas adalah 64,79 dengan catatan bahwa 13 dari 24 siswa dinyatakan belum tuntas belajar. Setelah dilaksanakan tindakan awal pada siklus I, maka diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 67,71 dengan catatan masih ada 6 siswa yang dinyatakan belum tuntas belajar. Setelah diadakan evaluasi tindakan pada siklus II hasil tes siswa mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata kelas menjadi 72,71 dan masih terdapat 2 siswa yang belum tuntas belajar dari KKM yaitu 65. Dari ketiga tahap tersebut jelas terjadi peningkatan sebelum dan sesudah diterapkannya metode reading aloud dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an dengan materi pokok surat al-Lahab.
Dalam penelitian ini, penggunaan metode reading aloud dilaksanakan secara kolektif dengan melibatkan semua pihak di dalam kelas, untuk menunjang proses kegiatan pembelajaran. Hal tersebut merupakan bukti konkrit bahwa segala bentuk proses kegiatan pembelajaran akan bisa terlaksana dengan baik apabila semua pihak yang terkait saling mendukung.</description><date>2011-06-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425/1/093111292-COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425/2/093111292-Bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425/3/093111292-Bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425/4/093111292-Bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425/5/093111292-Bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425/6/093111292-Bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425/7/093111292-Bibliografi.pdf</identifier><identifier> Rofiqoh, Rofiqoh (2011) Upaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an dengan baik dan benar siswa melalui model reading aloud pada mata pelajaran al-Qur’an hadis kelas IV MI Nurul Islam 02 Wonokerto kecamatan Bancak kabupaten Semarang tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo. </identifier><recordID>2425</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Rofiqoh, Rofiqoh |
title |
Upaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an dengan baik dan benar siswa melalui model reading aloud pada mata pelajaran al-Qur’an hadis kelas IV MI Nurul Islam 02 Wonokerto kecamatan Bancak kabupaten Semarang tahun pelajaran 2010/2011 |
publishDate |
2011 |
topic |
297.1224 Recitation and Reading 297.77 Islamic religious education 371 School management special education |
url |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425/1/093111292-COVER.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425/2/093111292-Bab1.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425/3/093111292-Bab2.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425/4/093111292-Bab3.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425/5/093111292-Bab4.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425/6/093111292-Bab5.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425/7/093111292-Bibliografi.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2425/ |
contents |
Skripsi ini membahas tentang kegiatan pembelajaran dengan model reading aloud untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah. Kajiannya dilatar belakangi oleh lemahnya siswa dalam menguasai mata pelajaran al-Qur’an Hadis. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah melalui model pembelajaran reading aloud dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas IV MI Nurul Islam 02 Wonokerto Kecamatan Bancak Kabupaten Semarang?
Penelitian ini merupakan studi tindakan kelas (classroom action research) pada siswa kelas IV MI Nurul Islam 02 Wonokerto Kecamatan Bancak yang berjumlah 24 siswa. Dari observasi awal pada tahap pra siklus dapat diketahui bahwa metode pembelajaran yang digunakan oleh guru pengampu di kelas masih belum mencerminkan pembelajaran aktif, akibatnya ketika siswa mengalami kejenuhan, mereka cenderung malas dan tidak melanjutkan kembali bacaan. Hal ini dibuktikan dengan kualitas membaca siswa masih rendah.
Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran membaca al-Qur’an dengan menggunakan strategi reading aloud, maka suasana kelas menjadi lebih ceria. Siswa menjadi lebih bersemangat dalam membaca dengan hasil yang memuaskan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap pra siklus, nilai rata-rata kelas adalah 64,79 dengan catatan bahwa 13 dari 24 siswa dinyatakan belum tuntas belajar. Setelah dilaksanakan tindakan awal pada siklus I, maka diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 67,71 dengan catatan masih ada 6 siswa yang dinyatakan belum tuntas belajar. Setelah diadakan evaluasi tindakan pada siklus II hasil tes siswa mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata kelas menjadi 72,71 dan masih terdapat 2 siswa yang belum tuntas belajar dari KKM yaitu 65. Dari ketiga tahap tersebut jelas terjadi peningkatan sebelum dan sesudah diterapkannya metode reading aloud dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an dengan materi pokok surat al-Lahab.
Dalam penelitian ini, penggunaan metode reading aloud dilaksanakan secara kolektif dengan melibatkan semua pihak di dalam kelas, untuk menunjang proses kegiatan pembelajaran. Hal tersebut merupakan bukti konkrit bahwa segala bentuk proses kegiatan pembelajaran akan bisa terlaksana dengan baik apabila semua pihak yang terkait saling mendukung. |
id |
IOS2754.2425 |
institution |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
53 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Walisongo Semarang |
library_id |
93 |
collection |
Walisongo Repository |
repository_id |
2754 |
subject_area |
Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama, Islam/Agama Islam Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial |
city |
SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2754 |
first_indexed |
2016-11-12T03:48:01Z |
last_indexed |
2022-09-12T06:33:09Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765821479719534592 |
score |
17.538404 |