Peningkatan hasil belajar kompetensi dasar menerjemahkan surat al-Qadr menggunakan metode pembelajaran cooperative learning tipe make a match peserta didik MI Al-Iman Daarussalaam Candisari Secang Magelang
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas pelaksanaan penggunaan metode cooperative learning tipe make a match yang dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Iman Daarussalaam Candisari Secang Magelang. Penelitiannya dilatarbelakangi nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran A-Qur’an Hadis dan ketuntasan klasikal yang masih rendah. Didalam skripsi ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui proses pembelajaran Al-Qur’an Hadis dengan menggunakan metode cooperative learning tipe make a match yang dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik selama proses belajar Al-Qur’an Hadis melalui metode cooperative learning tipe make a match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan langkah-langkah: menyusun rencana, pelaksanaan tindakan kelas, observasi dan mengadakan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik Kelas V MI Al-Iman Daarussalaam Candisari, Secang, Magelang tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah peserta didik 27 anak. Kondisi pra siklus dari hasil ulangan peserta didik sebelum penelitian yaitu diperoleh nilai rata-rata 52,78, dengan ketuntasan kelas 33,33%. Sedangkan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MI Al-Iman Daarussalaam Candisari, Secang, Magelang sebesar 65, dan batas ketuntasan kelas 70%, yaitu sebanyak 70% dari jumlah peserta didik kelas tersebut dapat mencapai ketuntasan individu. Pada siklus I nilai evaluasi mencapai rata-rata 60,93. Ketuntasaan secara klasikal 51,85%, yaitu dari 27 peserta didik memenuhi KKM 14 peserta didik. Pada siklus II nilai evaluasi mencapai rata-rata 67,96, ketuntasan klasikal mencapai 62,96% yaitu 17 peserta didik dari jumlah seluruh peserta didik 27 anak. Siklus III ini nilai rata-rata mencapai 78,15 dengan ketuntasan kelas 25 peserta didik (92,59%). Pembelajaran dengan cooperative learning tipe make a match membuat suasana kelas lebih menyenangkan dan dapat membantu peserta didik meningkatkan hasil belajarnya sehingga akan membawa peserta didik lebih bersemangat belajar, dan memudahkan dalam memahami materi Al-Qur’an Hadis sehingga akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V MI Al-Iman Daarussalaam Candisari, Secang, Magelang tahun pelajaran 2010/2011.