Daftar Isi:
  • Dalam penelitian ini penulis memiliki rumusan masalah; 1) Apakah penggunaan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan respon pada pelajaran Fiqih materi sholat fardhu siswa kelas II MI. Sruwen 04 Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang ? 2) Apakah penggunaan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan penguasaan materi pada pelajaran Fiqih materi sholat fardhu siswa kelas II MI. Sruwen 04 Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang? Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan respon siswa pada pelajaran Fiqih materi sholat fardhu siswa kelas II MI. Sruwen 04 Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. 2) Untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar sswa pada pelajaran Fiqih materi sholat fardhu siswa kelas II MI. Sruwen 04 Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dengan teknik analisis statistik sederhana. Subyek penelitian sebanyak 20 anak, menggunakan teknik observasi. Pengumpulan data menggunakan instrumen penilaian yang berupa Lembar Observasi dan Lembar Kerja Siswa. Dari hasil tes yang telah dilakukan diperoleh data hasil penelitian terhadap respon siswa kelas II MI. Sruwen 04 Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang, Pada Siklus I adalah 40%, pada siklus II 50% dan pada siklus III adalah 85%. Penggunaan media audiovisual juga dapat meningkatkan prestasi siswa dalam memahami tugas yang diberikan oleh guru, pada siklus I ketuntasan siswa diperoleh data 60% dan pada siklus II adalah 70% sedangkan pada siklus III sebesar 85%.