Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: apakah penggunaan metode cooperative learning tipe group investigation dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf al-Qur’an pada siswa kelompok B RA Nurul Athfal Purworejo Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan terhadap siswa usia diniumur 5 sampai 6 tahun. Subyek penelitian ini adalah siswa kelompok B di RA Nurul Athfal Purworejo Temanggung Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca huruf al-Qur’an pada siswa kelompok B. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini didesain dalam tiga siklus. Prosedur / rancangan dalam setiap siklus mencakup tahap-tahap: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Keefektifan tindakan atau indikator pencapaian pada setiap siklus diukur dari hasil evaluasi tes lisan kemampuan membaca huruf al-Qur’an dan catatan observasi untuk menilai penggunaan metode dan aktivitas anak. Data hasil observasi dideskripsikan, diinterprestasikan, kemudian direfleksi untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya. Sementara itu data hasil tes evaluasi kemampuan membaca dianalisis dengan cara mendeskripsikan nilai antar siklus hingga hasilnya dapat mencapai batas tuntas sesuai dengan indikator kinerja, yaitu minimal 75% siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan memperoleh nilai B dengan skor 3 atau lebih sebagai batas tuntas kemampuan membaca. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus diperoleh hasil bahwa rerata hasil tes evaluasi terhadap kemampuan siswa membaca huruf al-Qur’an pada siklus I adalah 2.4 dengan tingkat ketuntasan klasikal 36% atau sebanyak 9 siswa yang tuntas, siklus II adalah 2,72 dan tingkat ketuntasan klasikal 56% atau 14 anak yang sudah tuntas, dan siklus III adalah 3,09 dengan tingkat ketuntasan klasikal 80% atau 20 anak telah tuntas Berdasarkan hasil kemampuan membaca tersebut, dapat dikatakan bahwa penerapan metode cooperative learning tipe group investigation pada pembelajaran membaca mampu mengatasi masalah rendahnya kemampuan anak dalam membaca huruf Al-Qur'an. Dengan metode ini pula, kemampuan membaca translit huruf Al-Qur'an yaitu huruf latin juga dapat dikembangkan. Hal ini terbukti dari hasil tahapan siklus yang memperlihatkan bahwa kemampuan membaca huruf Al-Qur'an siswa kelompok B di RA Nurul Athfal Purworejo mengalami peningkatan.