Upaya meningkatkan kemampuan menulis huruf al-Qur’an pada mata pelajaran baca tulis al-Qur’an materi pokok bacaan al Qamariyah dan al Syamsiyah dengan media pembelajaran kartu huruf hijaiyah di kelas III MI Al-Mustajab Wahyurejo kecamatan Pringapus kabupaten Semarang tahun pelajaran 2010/2011

Main Author: Fatimah, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2403/1/093111253-COVER.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2403/2/093111253-Bab1.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2403/3/093111253-Bab2.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2403/4/093111253-Bab3.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2403/5/093111253-Bab4.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2403/6/093111253-Bab5.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2403/7/093111253-Bibliografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2403/
Daftar Isi:
  • Hasil belajar Baca Tulis Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mustajab Wahyurejo Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang belum memuaskan, khususnya tentang menulis huruf hijaiyah. Hal ini diduga karena guru dalam mengajar masih terlalu monoton dan kurang menarik siswa, sehingga perlu menggunakan media pembelajaran. Dengan demikian permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah metode pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran kartu huruf hijaiyah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam menulis huruf Al-Qur’an dengan baik dan benar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III di MI Al-Mustajab Wahyurejo Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011. Jumlah siswa tersebut adalah 20 siswa, yang terdiri dari 11siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Seluruh siswa diberi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran kartu huruf hijaiyah. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah dengan menggunakan penelitian (action research). Tes berbentuk tertulis yang ditujukan kepada siswa. Analisis diawali dari proses pembelajaran dengan melihat masalah-masalah yang dihadapi siswa oleh peneliti pada saat pembelajaran berlangsung. Proses pembelajaran dilakukan melalui dua siklus, kemudian hasil akhir pada setiap siklus dianalisis untuk dilihat hasilnya. Dari analisis diperoleh ketuntasan belajar siswa meningkat, dari pra siklus mencapai ketuntasan 60% dengan nilai rata-rata 63. Pada siklus I ketuntasannya mencapai 75% dengan nilai rata-rata 73,5, sedangkan pada siklus II mencapai ketuntasan 95% dengan nilai rata-rata 80,5. Dari analisis yang diperoleh bahwa melalui penggunaan media pembelajaran kartu huruf hijaiyah dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa. Mengingat hasil pembelajaran dengan menggunakan media kartu huruf hijaiyah dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa, maka seyogyanya guru dapat mempergunakan dalam pembelajaran dan hendaknya guru berkreatif untuk menciptakan pembelajaran yang lebih banyak dengan melibatkan siswa.