Penerapan metode index card match pada mata pelajaran fiqih materi pokok makanan dan minuman yang halal dan haram untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V MI Tambaksari Rowosari Kendal tahun pelajaran 2010/2011
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas penerapan metode index card match pada mata pelajaran fiqih materi pokok makanan dan minuman yang halal dan haram untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V MI Tambaksari Rowosari Kendal. Kajian di latarbelakangi oleh proses pembelajaran yang selama ini dilakukan di kelas V MI Tambaksari Rowosari Kendal dilakukan secara klasik sehingga pembelajaran menjadi pasif dan siswa tidak bisa mengembangkan kemampuannya, sehingga dibutuhkan pembelajaran yang mengajak siswa untuk aktif pembelajaran seperti metode index card match. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimanakah penerapan metode index card match pada mata pelajaran fiqih materi pokok makanan dan minuman yang halal dan haram di kelas V MI Tambaksari Rowosari Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011? 2) Apakah penerapan metode index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi pokok makanan dan minuman yang halal dan haram di kelas V MI Tambaksari Rowosari Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011?. Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Kajian ini menunjukkan bahwa : 1) Penerapan metode index card match pada mata pelajaran fiqih materi pokok makanan dan minuman yang halal dan haram di kelas V MI Tambaksari Rowosari Kendal dilakukan dengan empat tahapan yaitu perencanaan dengan merencanakan pembelajaran seperti RPP, menyiapkan kartu, media gambar, tes dan Lembar Observasi Siswa, kemudian guru melakukan tindakan yang dimulai dari do’a bersama dilanjutkan dengan menerangkan materi yang juga diperjelas dengan media gambar kemudian menyuruh siswa memilih kartu yang ada depan dan mencari pasangan kartu yang cocok dan selanjutnya mempertanggungjawbkannya di depan, langkah selanjutnya guru memberikan kuis dan di akhiri dengan salam, tahap selanjutnya guru mengobservasi keaktifan siswa ketika melakukan tindakan, hasil kuis dan keaktifan siswa pada tahap terakhir di refleksi oleh guru untuk mengajak menemukan solusi pada siklus berikutnya. 2) Penerapan metode index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi pokok makanan dan minuman yang halal dan haram di kelas V MI Tambaksari Rowosari Kendal, hal ini bisa di lihat dari ketuntasan belajar pada pra siklus ada 5 siswa atau 1,85%, siklus I 10 siswa atau 37% , siklus II menjadi 19 siswa atau 70,3% dan siklus III 25 siswa atau 91,6%. Kenaikan juga terjadi pada aktivitas siswa dalam pembelajaran yaitu pada siklus I ada 11 siswa atau 40,7%, siklus II 19 siswa atau 70,3% dan siklus III menjadi 24 siswa atau 88,8%.