Upaya meningkatkan prestasi belajar al Qur’an Hadits materi pokok membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya melalui metode demonstrasi dan drill pada siswa kelas I MI NU Hidayatul Mustafidin Lau Dawe Kudus tahun pelajaran 2010/2011
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang upaya meningkatkan Prestasi Belajar Al Qur’an Hadits Kelas I melalui Metode Demonstrasi dan Drill kajiannya dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi Belajar Al Qur’an Hadits kelas I materi pokok membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan 1) Apakah metode Demonstrasi dan Drill dapat meningkatkan prestasi belkajar Al Qur’an Hadits materi pokok membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya pada siswa kelas I MI NU Hidayatul Mustafidin Lau Dawe Kudus tahun ajaran 2010/2011? 2). Bagaimana penerapan metode Demonstrasi dan Drill dalam meningkatkan prestasi belajar Al Qur’an Hadits materi pokok membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya ? 3). Bagaimana relasi prestasi belajar Al Qur’an Hadits materi pokok membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya dengan penerapan metode Demonstrasi dan Drill ? Permasalahan tesebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di MI NU Hidayatul Mustafidin madrasah tersebut dijadikan sebagai obyek penelitian dalam menerapkan metode demonstrasi dan drill datanya diperoleh dengan cara tes observasi dan studi dokumentasi semua data dianalisis dengan pendekatan analisis deskriptif. Kajian ini menunjukkan bahwa Prestasi belajar Al Qur’an Hadits materi pokok membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya, sebelum tindakan penelitian mencapai ketuntasan belajar klasikal sebanyak 17,39 % dengan rata-rata nilai 68,95 (KKM 75). Setelah peneltiian tindakan kelas dilaksanakan dengan menerapkan Metode Demonstrasi dan Drill, prestasi belajar Al Qur’an Hadits materi pokok membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya, dapat meningkat dengan ketuntasan belajar klasikal sebanyak 86,95 % rata-rata nilai 81,30 (KKM 75) serta indikator pencapaian 75 %. Penerapan metode Demonstrasi yaitu guru memperagakan pengucapan huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya dengan menunjukkan media gambar makhorijul huruf. Sedangkan Metode Drill penerapannya yaitu dengan pemberian latihan secara terus menerus kepada siswa dengan cara klasikal, kelompok maupun individual, dengan menggunakan media kartu huruf yang dikelompokkan sesuai makhrajnya.