Daftar Isi:
  • Skripsi ini dilatarbelakangi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah, sehingga siswa cenderung hanya duduk, melihat, mendengar, mencatat dan mengerjakan tugas dari guru. Dengan metode ceramah ini siswa tidak mengalami pembelajaran secara langsung tetapi bersifat menghafal. Sehingga setelah sampai pada evaluasi sering dijumpai siswa yang kurang menguasai materi dan hasil siswa rendah terutama pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimana proses pembelajaran dengan media audio visual dengan VCD dapat meningkatkan perhatian, keaktifan, hasil belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist pada siswa kelas III MI Ma’arif Wringinputih Borobudur Magelang Tahun Pelajaran 2010 / 2011? Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan persiklus. Kajian ini menunjukkan bahwa : 1) Pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan perhatian siswa dalam pembelajaran Al Qur’an Hadist mencapai 96,15%. 2) Pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Al Qur’an Hadist yang mencapai 90%. 3) Pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan tercapainya ketuntasan belajar siswa yang mencapai 81, 92 %. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para siswa dan memberikan dorongan kepada siswa agara senantiasa meningkatkan perilakunya.