Upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran SKI dengan pokok materi mengenal peristiwa Fathu Makkah melalui metode team quiz pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif Waringin Putih Borobudur Magelang
Daftar Isi:
- Skripsi: Program Kualifikasi S1 jurusan Pendidikan agama Islam IAIN Walisongo Semarang, 2011. Penelitian ini bertujuan apakah penerapan metode pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran SKI dengan pokok materi mengenal peristiwa Fathu Makkah di MI Ma’arif Wringinputih Borobudur. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Ma’arif Wringinputih Borobudur Kabupaten Magelang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan keaktifan peserta didik setelah diterapkannya metode Team Quiz pada pembelajaran SKI dengan pokok materi mengenal peristiwa Fathu Makkah. Hasil ketuntasan belajar aspek kognitif peserta didik pada siklus I adalah 71%, dan pada siklus II mencapai 92%. Hasil ketuntasan belajar aspek afektif peserta didik pada siklus I adalah 77,85% dan meningkat pada Siklus II menjadi 82,38%. Hasil ketuntasan belajar aspek psikomotor peserta didik pada siklus I adalah 57,14% pada siklus II menjadi 92,86%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran dengan metode Team Quiz pada mata pelajaran SKI ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik baik dalam segi kognitif, afektif dan psikomotorik. Dengan demikian, metode pembelajaran Team Quiz ini layak diterapkan sebagai metode alternatif yang dapat digunakan pada proses pembelajaran PAI di madrasah.