Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : 1) Untuk mengetahui penerapan metode reading guide dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa kelas III pada mata pelajaran fiqih materi tentang amalan-amalan di bulan ramadhan di MI Al-Iman Tleter Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung, 2) Untuk mengetahui penerapan metode reading guide dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran fiqih materi tentang amalan-amalan di bulan ramadhan di MI Al-Iman Tleter Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung. Subyek dari penelitian ini adalah semua siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Iman Tleter dengan jumlah 14 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research) sebanyak dua putaran(siklus). Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data yang diperoleh berupa hasil nilai kemampuan menulis dan tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar yang terdiri dari observasi untuk guru dan siswa yang meliputi observasi untuk aktifitas belajar siswa dan observasi untuk hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi data hasil belajar, data tentang situasi belajar mengajar, data tentang refleksi, data tentang keterkaitan antara perencanaan dengan perencanaan dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis didapatkan kesimpulan bahwa aktifitas belajar tersebut dibuktikan dengan prosentase pada pelaksanaan siklus I (6,0%) ke siklus II menjadi (7,4%) atau meningkat sebesar (14%) dan hasil belajar tersebut dibuktikan dengan prosentase pada pelaksanaan siklus I (57%) dan ke siklus II meningkat sebesar (79%) atau meningkat sebesar (22%). Simpulan dari penelitian ini adalah melalui metode reading guide dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi tentang mengenal amalan-amalan dibulan ramadhan di MI Al-Iman Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung. Model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran fiqih. Kata Kunci : Hasil Belajar, Fiqih, Metode Reading Guide.