Daftar Isi:
  • Skripsi ini mengulas penerapan metode pembelajaran cooperative learning tipe team games tournament sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) yang dilatarbelakangi hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI yang masih rendah Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui penerapan metode cooperative learning tipe team games tournament. pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) materi pelajaran Khalifah Ali bin Abi Tholib. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) melalui metode cooperative learning tipe team games tournament. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas PTK yang dilaksanakan pada siswa kelas VI MI Arrosyidin Pancuranmas, Secang, Magelang. Data penelitian diperoleh dengan cara tes, observasi, dokumentasi dan wawancara bebas. konsentrasi kajian penelitian ini adalah hasi belajar siswa yang terdiri dari rata-rata kelas dan ketuntasan klasikal. Penelitian ini terbagi dalam dua siklus yang diawali dengan observasi dan analisis hasil belajar siswa sebagai kegiatan prasiklus. Data Prasiklus yang diperoleh adalah rata-rata kelas 48,00 dan persentase ketuntasan klasikal 26,67 %. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I rata-rata kelas meningkat 13,67 menjadi 61,67 dan ketuntasan klasikal meningkat 40 % menjadi 66,67 % hal ini berarti untuk ketuntasan klasikal belum dapat mencapai indikator ketercapaian sekurang-kurangnya 70 %. Dari siklus II diperoleh hasil rata-rata kelas mencapai 72,67 dan ketuntasan klasikal sebesar 86,67 %. Data siklus II dapat disimpulkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dapat mencapai indikator kerja.