Daya dukung laboratorium biologi Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Tegal dalam menunjang pelaksanaan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas sejauh mana laboratorium biologi Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Tegal dalam menunjang pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kajiannya dilatarbelakangi oleh eksistensi atau keberadaan laboratorium biologi Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Tegal yang dinilai kurang memadai dalam menunjang pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana daya dukung laboratorium biologi Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Tegal dalam menunjang pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri Babakan dan Madrasah Aliyah Negeri Pagerbarang. Kedua Madrasah Aliyah Negeri tersebut dijadikan sumber data untuk mendapatkan gambaran tentang beberapa indikator diantaranya: (1) desain ruang laboratorium biologi, (2) administrasi laboratorium biologi, (3) pengelolaan penyelenggaraan praktikum biologi, (4) alat dan bahan praktikum biologi, (4) kegiatan di laboratorium yang meliputi: (a) keterampilan keselamatan dan keamanan laboratorium, (b) keterampilan manipulasi laboratorium, (c) keterampilan proses laboratorium, (d) keterampilan berfikir. Data penelitian diperoleh dengan cara wawancara terstruktur dan observasi lapangan. Semua data diolah dengan pendekatan kualitatitatif dan dianalisis dengan analisis deskriptif persentase. Kajian studi ini menunjukkan bahwa laboratorium biologi Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Tegal memiliki daya dukung yang Baik (71%) dalam menunjang pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Dengan persentase masing-masing indikator, yaitu Desain Ruang Laboratorium 62% (Baik), Admintrasi Laboratorium 60% (Cukup Baik), Pengelolaan Penyelenggaraan Praktikum 72% (Baik), Alat dan Bahan Praktikum 71% (Baik), Kegiatan Praktikum di Laboratorium 93% (Sangat baik). Berdasarkan hasil peneitian dapat disimpulkan bahwa laboratorium Biologi Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Tegal memiliki daya dukung yang baik dalam menunjang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Peneliti berharap hasil penelitian tersebut dapat menjadi acuan bagi Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Tegal dalam mengelola laboratorium biologi agar beberapa indikator (desain ruang laboratorium, administrasi laboratorium, pengelolaan penyelenggaraan kegiatan praktikum, alat dan bahan praktikum, dan kegiatan praktikum) yang menjadi bagian dari daya dukung suatu laboratorium dalam menunjang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dapat tercapai dan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.