ctrlnum 2363
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2363/</relation><title>Efektivitas strategi PQ4R berkombinasi mind map terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup kelas VII di MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu tahun ajaran 2010/2011</title><creator>Khasanah, Felakhah</creator><subject>371 School management; special education</subject><subject>570 Biology</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review) berkombinasi Mind Map efektif terhadap hasil belajar pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup di MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Adapun yang melatar belakangi penelitian ini adalah peserta didik dalam proses pembelajaran terkadang mengalami kesulitan mengingat apa yang dipelajari, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar.&#xD; Penelitian ini merupakan eksperimen murni (true experimental), dengan desain eksperimen yaitu pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen, kelas VII C sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini kedua kelompok diberi tes awal pre test untuk mengetahui keadaan awal. Selanjutnya pada kelompok eksperimen diberi perlakuan berupa pembelajaran IPA Terpadu (biologi) materi pokok klasifikasi makhluk hidup dengan menggunakan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review) berkombinasi Mind Map. Sedangkan kelompok kontrol dengan pembelajanan konvensional. Setelah pembelajaran selesai, kedua kelompok diberi post test yang sama. Post test inilah yang digunakan untuk mengetahui apakah strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review) berkombinasi Mind Map efektif terhadap hasil belajar pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup.&#xD; Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, metode tes dan metode dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengamati kegiatan peserta didik selama proses pembelajaran. Metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar peserta didik. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh gambaran umum dan data peserta didik. Untuk mendapatkan data yang obyektif terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen meliputi pengujian validitas, reabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan dua rata-rata. &#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji kesamaan dua rata-rata satu pihak yaitu pihak kanan, diperoleh thitung = 2,345 dan ttabel = 1,665 karena thitung &gt; ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya hasil belajar kelompok eksperimen lebih dari atau tidak sama dengan kelompok kontrol, dan kemudian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar melalui Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review) berkombinasi Mind Map pada mata pelajaran IPA Terpadu (Biologi) materi pokok klasifikasi makhluk hidup kelas VII di MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal.</description><date>2011-06-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2363/1/73811014_coverdll.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2363/2/73811014_bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2363/3/73811014_bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2363/4/73811014_bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2363/5/73811014_bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2363/6/73811014_bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2363/7/73811014_bibliografi.pdf</identifier><identifier> Khasanah, Felakhah (2011) Efektivitas strategi PQ4R berkombinasi mind map terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup kelas VII di MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo. </identifier><recordID>2363</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Khasanah, Felakhah
title Efektivitas strategi PQ4R berkombinasi mind map terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup kelas VII di MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu tahun ajaran 2010/2011
publishDate 2011
topic 371 School management
special education
570 Biology
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2363/1/73811014_coverdll.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2363/2/73811014_bab1.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2363/3/73811014_bab2.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2363/4/73811014_bab3.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2363/5/73811014_bab4.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2363/6/73811014_bab5.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2363/7/73811014_bibliografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2363/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review) berkombinasi Mind Map efektif terhadap hasil belajar pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup di MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Adapun yang melatar belakangi penelitian ini adalah peserta didik dalam proses pembelajaran terkadang mengalami kesulitan mengingat apa yang dipelajari, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan eksperimen murni (true experimental), dengan desain eksperimen yaitu pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen, kelas VII C sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini kedua kelompok diberi tes awal pre test untuk mengetahui keadaan awal. Selanjutnya pada kelompok eksperimen diberi perlakuan berupa pembelajaran IPA Terpadu (biologi) materi pokok klasifikasi makhluk hidup dengan menggunakan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review) berkombinasi Mind Map. Sedangkan kelompok kontrol dengan pembelajanan konvensional. Setelah pembelajaran selesai, kedua kelompok diberi post test yang sama. Post test inilah yang digunakan untuk mengetahui apakah strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review) berkombinasi Mind Map efektif terhadap hasil belajar pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, metode tes dan metode dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengamati kegiatan peserta didik selama proses pembelajaran. Metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar peserta didik. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh gambaran umum dan data peserta didik. Untuk mendapatkan data yang obyektif terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen meliputi pengujian validitas, reabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan dua rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji kesamaan dua rata-rata satu pihak yaitu pihak kanan, diperoleh thitung = 2,345 dan ttabel = 1,665 karena thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya hasil belajar kelompok eksperimen lebih dari atau tidak sama dengan kelompok kontrol, dan kemudian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar melalui Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review) berkombinasi Mind Map pada mata pelajaran IPA Terpadu (Biologi) materi pokok klasifikasi makhluk hidup kelas VII di MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal.
id IOS2754.2363
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:47:56Z
last_indexed 2022-09-12T06:33:08Z
recordtype dc
_version_ 1765821479219363840
score 17.538404