Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII A SMP Askhabul Kahfi Semarang pada Materi Pokok Pemantulan Cahaya. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 butir soal dan 4 pilihan jawaban (a,b,c,d), untuk mengukur hasil belajar siswa pada aspek kognitif, lembar observasi kegiatan percobaan untuk mengukur hasil belajar pada aspek psikomotor dan lembar observasi sikap ilmiah untuk mengukur hasil belajar aspek afektif. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian, pada pra siklus hasil belajar pada aspek kognitif menunjukkan nilai rata-rata sebesar 51,60 dengan ketuntasan klasik sebesar 53,58%. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa pada aspek kognitif adalah 59,64 dengan ketuntasan klasikal 78,57%, pada siklus I ini rata-rata siswa naik 8.04 dibanding dengan rata-rata pada pra siklus, sementara itu ketuntasan klasikal peserta didik pada siklus I 78,57%. Hasil belajar aspek psikomotorik pada siklus I sebesar 71,07%, sedangkan pada aspek afektif 68,13%. Pada siklus II, hasil belajar kognitif dengan rata-rata sebesar 68,03 dengan ketuntasan klasikal sebesar 85,71%. Hal tersebut menunjukkan terdapat kenaikan hasil belajar kognitif pada siklus II. Sedangkan pada aspek psikomotorik menunjukkan kenaikan persentase keberhasilan sebesar 80,89% dengan kategori baik dan pada aspek afektif persentase keberhasilan sebesar 85,10% dengan kategori keberhasilan amat baik. Hasil analisis data di atas menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga papan optik pada meteri pokok pemantulan cahaya. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari persentase keberhasilan ketiga aspek, yaitu aspek kognitif, psikomotorik dan afektif. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai informasi dan masukan guru/dosen dalam melakukan kegiatan pembelajaran, untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif siswa.