Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan rata-rata hasil belajar matematika materi pokok operasi pada himpunan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match antara peserta didik lulusan dari MI dan peserta didik lulusan dari SD. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs. Negeri Margadana Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011, yang terdiri kelas VII A dengan jumlah peserta didik 42, kelas VII B dengan jumlah peserta didik 40, kelas VII C dengan jumlah peserta didik 42, kelas VII D dengan jumlah peserta didik 40, kelas VII E dengan jumlah peserta didik 40, kelas VII F dengan jumlah peserta didik 42, kelas VII G dengan jumlah peserta didik 40, kelas VII H dengan jumlah peserta didik 40, kelas VII I dengan jumlah peserta didik 42. Jadi jumlah total populasi peserta didik 368. Sampel penelitian ini adalah kelas VII I dengan rincian peserta didik dari MI yang berjumlah 17 dan peserta didik dari SD yang berjumlah 25. Jadi banyaknya sampel seluruhnya adalah 42 peserta didik diperoleh dengan cara random sampling. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi diperoleh dari nilai ulangan akhir semester matematika (data awal) pada semester ganjil digunakan untuk uji normalitas dan homogenitas sebelum diambil sampel. Sedangkan metode tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar matematika pada materi pokok operasi pada himpunan peserta didik lulusan dari MI dan peserta didik lulusan dari SD. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata peserta didik lulusan dari MI dan peserta didik lulusan dari SD. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: rata-rata hasil belajar matematika pada materi pokok operasi pada himpunan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match peserta didik kelas VII MTs. Negeri Margadana Tegal dengan rata-rata hasil belajar matematika peserta didik lulusan dari MI adalah sebesar 57,94, sedangkan rata-rata hasil belajar matematika peserta didik lulusan dari SD adalah sebesar 71,2. Dari uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan uji t-test dihasilkan sebesar 4,059956. Setelah dikonsultasikan dengan dengan = 40 dan taraf signifikan ( ) 5% = 2.021, diketahui bahwa lebih besar dari , maka dapat disimpulkan rata-rata hasil belajar matematika antara peserta didik lulusan dari MI dan rata-rata hasil belajar matematika antara peserta didik lulusan dari SD berbeda secara nyata.