Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas efektivitas model pembelajaran learning cycle berbantuan LKPD pada materi pokok logika matematika terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMA NU 1 Hasyim Asy’ari Tarub Tegal Tahun Pelajaran 2010/2011. Kajiannya dilatar belakangi oleh kurangnya keaktifan peserta didik dan pemahaman konsep yang dikarenakan proses pembelajaran yang masih konvensional. Misalnya, pada materi logika matematika peserta didik masih sulit dalam memahami konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi, serta konvers, invers dan kontraposisi. Kurangnya keaktifan dan pamahaman peserta didik berakibat pada rendahnya hasil belajar peserta didik yang masih kurang dari KKM mata palajaran matematika disekolah yaitu 60. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah model pembelajaran Learning Cycle berbantuan LKPD pada materi pokok logika matematika efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMA NU 1 Hasyim Asy’ari Tarub Tegal?. Permasalahan tersebut dilakukan melalui penelitian eksperimen yang berdesain “posttest-only control design”. Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas X SMA NU 1 Hasyim Asy’ari Tarub Tegal. Pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling. Terpilih kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-1 sebagai kelas control. Pada akhir pembelajaran kedua kelompok sama-sama diberi tes yang telah diuji validitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitasnya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode wawancara, dokumentasi, obervasi dan tes. Berdasarkan analisis hasil belajar dengan model pembelajaran learning cycle berbantuan LKPD terdapat peningkatan ketuntasan kriteria minimum (KKM) 89% . Sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 66%. Data dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan. Berdasarkan penelitian diperoleh thitung = 4,341 sedangkan nilai t = 1,66. Karena t hitung> t maka H ditolak. Artinya rata-rata hasil belajar peserta didik keas X yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle berbantuan LKPD lebih besar atau sama dengan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas X dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih besar dari pada kelompok kontrol sehingga dapat dikatakan modl pembelajaran learning cycle berbantuan LKPD lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional pada materi pokok logika matematika di kelas X SMA NU 1 Hasyim Asy’ari Tarub Tegal tahun pelajaran 2010/2011, dan disarankan guru dapat terus mengembangkan teknik model pembelajaran learning cycle serta menerapkan model pembelajaran learning cycle ini pada materi pokok yang lainnya