Efektivitas multi level tutorial dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi himpunan kelas VII MTs Nurul Huda Dempet tahun pelajaran 2010/2011
Daftar Isi:
- Berdasarkan penuturan salah satu guru matematika MTs Nurul Huda Dempet menyatakan bahwa rendahnya kemampuan peserta didik untuk mengkomunikasikan gagasannya menjadi pemandangan umum terutama pada materi himpunan. Hal ini terlihat ketika pembelajaran berlangsung, ada sebagian peserta didik yang mampu menyelesaikan masalah matematika yang diberikan guru, namun ketika diminta untuk menjelaskan kepada teman lain mengalami kesulitan, apalagi peserta didik yang tidak mampu menyelesaikannya. Salah satu pembelajaran yang diduga dapat mengaktifkan peserta didik dalam mengkomunikasikan gagasannya adalah melalui pembelajaran Multi Level Tutorial. Melalui penelitian ini digunakan model pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang berdesain “posttest-only control design”. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah penggunaan pembelajaran Multi Level Tutorial efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi himpunan kelas VII MTs Nurul Huda Dempet tahun pelajaran 2010/2011? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Multi Level Tutorial dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi himpunan kelas VII MTs Nurul Huda Dempet tahun pelajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Terpilih peserta didik kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda pada akhir pembelajaran kedua kelas diberi tes dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitasnya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi dan tes. Data dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan dan didapatkan nilai rata-rata kelas kontrol 70,30 dengan ketuntasan 72,5% sedangkan kelas eksperimen didapatkan nilai rata-rata 80,56 dengan ketuntasan 92,31%. Kesimpulan berdasarkan perhitungan t-test, diperoleh thitung = 2,839 sedangkan ttabel = 1,66. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel artinya rata-rata kemampuan pada materi pokok himpunan yang menggunakan pembelajaran Multi Level Tutorial lebih besar dari pada rata-rata kemampuan pada materi pokok himpunan yang yang menggunakan pembelajaran konvensional sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran Multi Level Tutorial efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi himpunan kelas VII MTs Nurul Huda Dempet tahun pelajaran 2010/2011