Studi komparasi hasil belajar peserta didik yang menggunakan media CD tutorial matematika dengan metode konvensional pada materi pokok kubus dan balok kelas VIII MTs NU 01 Cepiring
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas penggunaan media CD tutorial matematika pada materi pokok kubus dan balok. Pada penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media CD tutorial matematika dengan metode konvensional pada materi pokok kubus dan balok kelas VIII MTs NU 01 Cepiring Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimental berdisain “Posttest-Only Control Design”, yang dilaksanakan di MTs NU 01 Cepiring Kendal. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 35 anak, dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 36 anak. Adapun teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan tes. Dalam metode tes (multiple choice tes) digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji dengan uji normalitas dan homogenitas. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan menggunakan media CD tutorial matematika sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian ini sebagai berikut: Pada uji normalitas diperoleh kelompok eksperimen 2hitung = 0,64 dan kelompok kontrol 2hitung = 2,50 dengan α = 5% dari distribusi chi kuadrat didapat 2tabel = 11,07, sehingga 2hitung < 2tabel disimpulkan data tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas antar kelompok eksperimen dan kontrol dilakukan dengan uji kesamaan 2 varian, diperoleh Fhitung = 1,14 dan Ftabel = 1,77 dengan α = 5%, data pembilang = 34 dan data penyebut = 35, maka Fhitung < Ftabel. Artinya kedua kelompok homogen. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis uji t pihak kanan, diperoleh thitung = 6,73 dan ttabel = 1,67 dengan taraf nyata 5%. Karena thitung > ttabel berarti H1 diterima yang artinya rata–rata hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan Media CD tutorial Matematika lebih dari rata-rata hasil belajar peserta didik menggunakan metode konvensional. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang menunjukkan bahwa kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata lebih tinggi yaitu 78,33, sedangkan kelas kontrol mendapat nilai rata-rata lebih rendah yaitu 67,68. Hal ini berarti hasil belajar peserta didik yang menggunakan media CD tutorial matematika lebih baik dari hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode konvensional untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs NU 01 Cepiring