Penerapan model pembelajaran active learning tipe guided note taking dengan pemanfaatan LKPD dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika materi irisan dan gabungan bagi peserta didik kelas VII B MTs Mafatihut Thullab An-Nawawi Surodadi Kedung Jepara tahun pelajaran 2010/2011

Main Author: Kamaliyah, Faiqotul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2334/1/73511038_coverdll.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2334/2/73511038_bab1.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2334/3/73511038_bab2.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2334/4/73511038_bab3.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2334/5/73511038_bab4.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2334/6/73511038_bab5.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2334/7/73511038_bibliografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2334/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan: (1) untuk meningkatkan keaktifan peserta didik melalui penerapan model pembelajaran active learning tipe guided note taking (catatan terbimbing) dengan pemanfaatan LKPD dalam materi irisan dan gabungan (2) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran active learning tipe guided note taking (catatan terbimbing) dengan pemanfaatan LKPD dalam materi irisan dan gabungan kelas VII B MTs. Mafatihut Thullab An-Nawawi tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research), obyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B MTs. Mafatihut Thullab An-Nawawi yang jumlah peserta didiknya ada 49 terdiri dari 22 putra dan 27 putri. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan model pembelajaran active learning tipe guided note taking (catatan terbimbing) dengan pemanfaatan LKPD. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, soal kuis dan tes evaluasi. Data yang terkumpul dianalisis deskriptif sederhana. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus diambil dari dokumen nilai harian peserta didik kelas VII B tahun pelajaran 2009/2010 materi irisan dan gabungan, keaktifan peserta didik mempunyai prosentase 32% dan rata-rata hasil belajar 54,75 dengan ketuntasan klasikal 46,15%. Pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan keaktifan peserta didik meningkat menjadi 60,16% dan rata-rata hasil belajar 62,22 dengan ketuntasan klasikal 55,10%. Sedangkan pada siklus II keaktifan peserta didik mengalami peningkatan yaitu dapat diprosentasekan menjadi 76,19% dan rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 73,16 dengan ketuntasan klasikal 77,55%. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran pembelajaran active learning tipe Guided Note Taking (catatan terbimbing) dengan pemanfaatan LKPD dengan sebelumnya. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran melalui model pembelajaran active learning tipe guided note taking (catatan terbimbing) dengan pemanfaatan LKPD