Efektivitas pembelajaran matematika dengan pendekatan penyelesaian soal secara sistematis (PS3) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok lingkaran di MTs Miftahul ‘Ulum Tambakromo Pati tahun pelajaran 2010/2011
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang pendekatan pembelajaran penyelesaian soal secara sistematis. Kajiannya dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik yang kurang menguasai perhitungan dan penalaran matematis. Peserta didik di MTs Miftahul Ulum mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal yang ditandai dengan banyaknya kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik dalam menjawab soal maupun mengerjakan soal-soal. Di kelas guru tidak melibatkan peserta didik secara aktif untuk menemukan sendiri konsep dan prinsip-prinsip dalam menyelesaikan soal secara sistematis. Dominasi guru terhadap peserta didik membuat peserta didik tidak terlatih untuk memecahkan soal secara sistematis. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah ada pengaruh pembelajaran dengan pendekatan penyelesaian soal secara sistematis terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs Miftahul ‘Ulum pada materi pokok lingkaran? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas implementasi pendekatan pembelajaran Penyelesaian Soal Secara Sistematis terhadap hasil belajar matematika materi pokok lingkaran pada peserta didik kelas VIII MTs Miftahul ‘Ulum tahun pelajaran 2010/2011. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MTs Miftahul ‘Ulum Tambakromo Pati. Sekolah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan gambaran implementasi penyelesaian soal secara sistematis terhadap pembelajaran matematika pada kompetensi dasar menghitung keliling dan luas lingkaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang berdesain “posttest-only control design”. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi dan tes. Data dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan. Berdasarkan penelitian diperoleh t = 3,232 sedangkan nilai t = 1,67. Karena t > t maka H ditolak. Artinya rata-rata hasil belajar matematika yang diajar dengan pendekatan pembelajaran Ppenyelesaian Soal Secara Sistematis lebih besar daripada rata-rata hasil belajar matematika yang diajar dengan pembelajaran menggunakan metode ekspositori